Pengamat: Khilafah sebagai Ideologi Politik Harus Ditolak

Pengamat: Khilafah sebagai Ideologi Politik Harus Ditolak - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Pengamat Politik dari Universitas Indonesia Donny Gahral Adian mengatakan, paham khilafah memang bertentangan dengan Pancasila.

“Pancasila itu ideologi bangsa. Dalam Pancasila terkandung nilai nasionalisme (sila ketiga) dan demokrasi (sila keempat),” kata Donny di Jakarta, Sabtu (30/3).

Menurut Donny, khilafah sebagai keyakinan tentang tugas suci manusia di bumi sangat dihormatii. Namun, khilafah sebagai ideologi politik yang ingin mengganti Pancasila sebagai pemersatu bangsa harus ditolak.

Menurut Donny, mempertentangkan khilafah dan Pancasila sudah tepat. Sebab Pancasila merupakan ideologi bangsa, bukan keyakinan.

BACA JUGA: Debat Keempat Capres: Sama – sama Curhat tapi Ada Bedanya

Donny melanjutkan, pertarungan antara negara Islam dan negara Pancasila selesai dalam wacana. Namun belum selesai dalam arena politik. Buktinya beberapa organisasi masih memperjuangkan negara Islam.

Menurut Donny, khilafah yang dipertentangkan bukan keyakinan melainkan ideologi sebuah organisasi yang di banyak negara sudah dilarang.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin mengemukakan pertentangan khilafah dan Pancasila identik mempertentangkan negara Islam dengan negara Pancasila.