Pengamat: Syarat 20 Persen PT Tak Jamin Jokowi Menang di Pilpres 2019

JAKARTA, NNC – Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Siti Zuhro mengatakan, syarat 20 persen suara di pilpres tidak menjadi jaminan bagi Joko Widodo untuk memenangkan pemilu kelak.

Menurutnya, belum tentu Jokowi dapat memenangkan kontestasi pilpres 2019 nanti, sekalipun syarat untuk jadi capres cukup berat bagi lawan Jokowi.

“Kalaupun pasal dan ayat dibuat untuk memayungi berlakunya PT (presidential threshold) 20 persen tidak ada jaminan juga petahana akan menang. Politik sangat dinamis, cair dan penuh opsi-opsi. Masalahnya apakah kehendak sebagian besar masyarakat memang ke Jokowi sebagai petahana yang ikut berkompetisi dalam pemilu 2019 atau sebaliknya malah mereka menginginkan munculnya pemimpin nasional baru,” kata Prof Siti Zuhro dihubungi wartawan, Sabtu (24/3/2018).

Dijelaskan Siti Zuhro, syarat PT 20 persen menjadi perdebatan lantaran Pemilunya serentak.

“Atas dasar apa hasil pemilu 2014 dijadikankan landasan hukum pemilu 2019. Karena itu suara hakim MK juga tidak tunggal dan ada dissenting opinion,” ujarnya.

Saat ini, kata Siti Zuhro, masalah integritas menjadi prioritas bagi parpol dan calon pemimpin.

“Bila calon diusung parpol yang salah, ini akan berdampak terhadap calon. Artinya, integritas dan kredibilitas serta meningkatnya elektabilitas parpol akan berdampak terhdap calon,” papar Siti Zuhro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *