Pesan Kresna di Pidato Perdana Puan Maharani sebagai Ketua DPR

Sumber

Puan Maharani menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Puan Maharani mengutip pesan Kresna kepada Arjuna dalam Perang Kurukshetra, ketika menyampaikan pidato perdananya sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa malam (1/10).

“Akhirnya, kami ucapkan selamat bekerja untuk kita semua, Karma Nevad Ni Adikaraste Ma Phaleshu Kada Chana,” kata Puan dalam sidang yang juga dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pesan serupa juga pernah disampaikan Megawati, saat membuka Kongres III PDI Perjuangan di Bali, tahun 2010 silam. Saat itu Megawati menjelaskan bahwa kalimat tersebut merupakan tulisan Bung Karno dikutip dari Bhagavad Gita.

Baca Juga:

Kalimat tersebut merupakan kalimat Kresna kepada Arjuna supaya jangan bimbang menghadapi lawan yang merupakan guru dan sanak saudaranya sendiri.

“Lakukan kewajiban kita tanpa memikirkan untung ruginya. Kalau bukan kita yang mendapatkan manfaatnya, maka anak-anak kita yang akan menerimanya. Kalau bukan anak-anak kita, maka cucu kita yang akan mendapatkan manfaatnya. Sejarah sedang memberikan kesempatan bagi kita, apakah kita akan mundur, mandeg, atau maju?” lanjut Puan.

Oleh karena itu, perempuan 46 tersebut mengajak semua wakil rakyat menggunakan kesempatan sejarah ini, bergotong royong memajukan bangsa dan negara. Puan juga mengharapkan dukungan dari masyarakat, termasuk para pengamat dan kalangan media massa.

Baca Juga:

“Kami tidak anti-kritik, tetapi diharapkan masyarakat tidak mudah terjebak pada penilaian yang bersifat apriori terhadap pelaksanaan tugas-tugas DPR dan dapat bersikap objektif dalam menilai kinerja kita semua. DPR adalah lembaga yang merupakan representasi rakyat, sehingga Gedung DPR adalah rumah rakyat,” kata Puan.

Alumnus Universitas Indonesia (UI) trsebut juga menambahkan, DPR akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan yang kita terima dari masyarakat. Dia juga meyakini segenap pimpinan lainnya memiliki komitmen bersama memajukan DPR.