Sesjen MPR Menerima Delegasi IAIN Purwokerto

Sumber

Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA – Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono, Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah, dan Kabag Pemberitaan, Hulembaga, dan Informasi Setjen MPR Mohammad Jaya menerima ratusan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Purwokerto bertempat di Ruang GBHN Lantai 2 Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019,

Delegasi yang dipimpin oleh Dr. Ahmad Sidiq berkunjung ke MPR selain bertujuan untuk bersilaturahmi juga untuk menambah wawasan akademik mereka.

“Dengan hadir di sini akan menambah wawasan selain di kampus,” ujar Ahmad Sidiq sembari menambahkan, “Di sini sangat tepat untuk belajar ilmu tata negara.”

Baca Juga:

Ahmad Sidiq berharap kedatangannya bisa membawa manfaat bagi kampusnya yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, itu.

Ma’ruf Cahyono dalam pertemuan itu memaparkan kedudukan lembaga-lembaga negara yang ada dalam konstitusi. Menurutnya, lembaga negara seperti MPR, Presiden, DPR, DPD, MA, BPK, selepas UUD Tahun 1945 berbeda dengan sebelum UUD diamendemen.

“Dulu ada istilah lembaga tertinggi dan lembaga tinggi,” ujarnya. “MPR tak seperti dahulu lagi,” ucapnya.

Selepas UUD diamendemen, lembaga-lembaga negara menjadi setara. Membedakan lembaga-lembaga negara itu menurut Ma’ruf Cahyono adalah fungsinya.

“Sekarang kedudukan lembaga negara adalah horizontal fungsional,” ujarnya.