Tak Penuhi Syarat Ini, KPU DIY Akan Berikan Penalti pada Peserta Pemilu DPD

Laporan Reporter Tribun Joga, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Ketua Divisi Hukum KPU DIY, Siti Ghoniyatun, menyebut akan ada sanksi yang diberikan apabila ada peserta Pemilu DPD yang tak memenuhi syarat.

“Akan kita berikan penalti bagi mereka yang tidak memenuhi syarat,” ujar Siti, Kamis (29/03/2018), di Ruang Pusat Informasi Pemilu KPU DIY.

Syarat yang dimaksud adalah soal daftar nama pendukung peserta calon anggota DPD sebanyak minimal 2000 orang.

Dukungan tersebut dibuktikan dengan fotokopi E-KTP serta tandatangan atau cap jempol jari tangan.

Apabila ada dua nama yang sama dalam daftar dukungan yang diberikan calon peserta, maka peserta pun akan dikenakan penalti berupa pengurangan dukungan suara.

“Misalnya ada 10 nama ganda, itu nanti 1 nama dikalikan 50 suara. Jadinya ada 500 suara yang dikurangi,” jelas Siti Ghoniyatun.

Data ganda ini akan diketahui saat KPU DIY melakukan komparasi data antara SIPPP (Sistem Informasi Peserta Perseorangan Pemilu) dengan berkas yang diserahkan oleh peserta.

Selain daftar dukungan, KPU DIY juga akan mengecek profesi peserta. Apakah masih menjadi anggota Polri, TNI, atau aparatur sipil negara (ASN). Begitu juga jika peserta masih di bawah umur yang disyaratkan oleh KPU DIY.

“Nanti kita akan konfirmasi ke peserta. Bisa jadi mereka sudah purna (selesai) jabatannya dari Polri, TNI, atau ASN,” ujar Siti.

Terkait SIPPP, Siti juga meminta peserta untuk menunjuk satu orang sebagai operator yang menjadi penghubung dalam proses penyerahan syarat dukungan.

“Nanti kita akan berikan user ID ke operator peserta untuk input data pendukung ke SIPPP,” papar Siti.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *