RIO, Sang Belahan Hati Pilot F-14 Tomcat

F-14 Tomcat sebenarnya bukanlah pesawat tempur yang dilengkapi radar, tetapi sejatinya adalah sebuah radar superampuh bersenjata misil jarak jauh yang dilengkapi sayap. Untuk membuatnya menjadi efektif dan ampuh, dibutuhkan seorang operator khusus yang mengoperasikannya.

Operator ini juga menjadi partner bagi pilot F-14. Dia adalah Radar Intercept Officer atau mudahnya disebut RIO.

RIO bukan hanya bertindak sebagai partner yang menemani pilot F-14 di udara, atau sekedar membantu mengawasi sistem. RIO adalah elemen kunci dari keseluruhan sistem dalam menerbangkan dan bertempur di Tomcat.

RIO adalah seorang belahan jiwa dari pilot, ikut bertanggung jawab dalam misi, dan seorang perwira yang layak mengenakan Wing Penerbang berwarna emas Angkatan Laut Amerika Serikat.

Semakin berpengalaman, RIO berpeluang mendapatkan tanggung jawab sebagai Komandan Misi (Mission Commander), memimpin multi-aircraft strike (serangan dengan banyak pesawat), memimpin misi tempur dan juga misi intai. Bila RIO yang menjadi Komandan Misi, otomatis pilotnya akan menjadi pilot lead dan bertanggung jawab atas kesuksesan, keamanan, dan keselamatan seluruh anggota misi.

Kokpit RIO di belakang pilot F-14. Sumber gambar: navy.memorieshop.com
Kokpit RIO di belakang pilot F-14. Sumber gambar: navy.memorieshop.com

Seperti yang ditulis dalam Edisi Koleksi Angkasa F-14 Tomcat The final Chapter Any Time Baby Perjalanan Panjang Pesawat Tempur Legendaris yang ditulis Alex Sidharta, pilot F-14 yang masih junior biasanya akan dipasangkan dengan RIO senior, atau sebaliknya untuk dapat saling memberikan ilmu dan pengalaman kepada juniornya. Juga agar tingkat efektivitas dapat terus terjaga. Di dalam skadron sendiri, setiap pilot dan RIO tidak boleh berpasangan hanya dengan orang tertentu, dan dalam jadwal yang sudah ditentukan. Standar ini disebut Squadron TacOrg.

Kokpit (suka disebut office) RIO dipenuhi peralatan avionik dan radar, tanpa ada kemudi terbang (flight control). Paling dominan adalah panel-panel sekering (circuit breaker) yang ada di office RIO.

The post RIO, Sang Belahan Hati Pilot F-14 Tomcat appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *