T3 Ultimate Akan Segera Dioperasikan 20 Juni, Dengan Catatan ..

Terminal 3 (T3) Ultimate akan segera dioperasikan 20 Juni mendatang, namun tetap dengan beberapa catatan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Yudhi Sari Sitompul dalam penyampaian hasil pertemuan yang dilakukan pagi hingga sore kemarin (13/6/2016) kepada para awak media di T3 Ultimate yang didahului buka puasa bersama.

“Memang kita ketahui bersama bahwa dari Angkasa Pura II, Terminal 3 Ultimate ini akan beroperasi tanggal 20 Juni 2016. Ditjen Perhubungan Udara telah sebulan lebih selalu melaksanakan evaluasi pembangunan persiapan operasional Terminal 3 Ultimate,” ujar Yudhi.

Yudhi pun mengatakan, Terminal 3 Ultimate ini merupakan suatu momentum yang sangat baik, yang sangat tepat untuk dipromosikan Indonesia baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk itu pihaknya akan mempromosikan T3 Ultimate ini harus dengan perfect. “Yaitu harus safety, security dan services harus sesuai dengan standart,” imbuhnya.

Maka dari itu, Ditjen Perhubungan Udara lakukan pengkajian dari seluruh segi, baik dari safety maupun services. Dari hasil evaluasi Ditjen Perhubungan Udara menemukan beberapa temuan yang harus segera dipenuhi agar tepat tanggal 20 Juni nanti T3 Ultimate ini dapat beroperasi dengan baik.  Untuk itu, Yudhi memberikan waktu pada AP II sampai dengan tanggal 16 Juni untuk memenuhi hal-hal yang masih menjadi sebuah catatan Ditjen Perhubungan Udara untuk segera dilengkapi, terlebih hal-hal yang bersifat mandatory.

“Kami memberikan waktu kepada Angkasa Pura II tanggal 16 Juni 2016, kami meminta AP II sudah tidak ada hal-hal yang kurang, terlebih hal-hal yang mandatory, yang wajib dioperasionalkan suatu bandar udara. Karena untuk operasional suatu bandar udara membutuhkan commissioning. Setelah dua hari melakukan commissioning kami mengeluarkan sertifikat,” jelas Yudhi.

Dirinya menegaskan, jika pada tanggal 16 Juni tidak dapat diselesaikan, maka dengan segala hormat, untuk tanggal 20 Juni pihaknya akan menunda sampai seluruh persyaratan yang mandatory terpenuhi. “Maka kita tunda tidak menjadi tanggal 20 Juni, sampai seluruh persyaratan-persyaratan yang temuan-temuan oleh tim Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dapat diselesaikan oleh Angkasa Pura II, ucapnya dengan tegas.

t3 ultimate akan segera dioperasikan
Sumber gambar: JR Nugroho

Pada kesempatan yang sama, dari segi keselamatan dan keamanan, Direktur Keamanan Penerbangan M. Nasir Usman pun menegaskan hal yang sama. AP II harus memenuhi janjinya terlebih dahulu untuk mandatory yang ditetapkan pada tanggal 16 Juni, baru kemudian T3 Ultimate akan benar-benar beroperasi pada tanggal 20 Juni mendatang.

“Untuk dioperasikan tanggal 20 Juni itu kalau PT Angkasa Pura II sudah memenuhi janjinya untuk mandatory tanggal 16 Juni itu sudah selesai semua,” tegas Nasir.

Nasir pun menilai bahwa dari sisi keamanan penerbangan, Terminal 3 Ultimate sudah mencapai 80% kesiapannya. AP II hanya tinggal mengejar 20% lagi sisa yang belum terselesaikan sebelum jatuh tempo mandatory pada tanggal 16 Juni mendatang.

“Dari sisi keamanan penerbangan, boleh dikatakan 80 % terpenuhi, tinggal 20 % lagi itu tinggal memoles-moles yang kurang-kurang saja,” papar Nasir.

Sementara untuk bagian gedung T3 Ultumate yang akan dioperasikan tanggal 20 Juni, Nasir menjelskan bahwa tidak semua bagian gedung T3 Ultimate akan beroperasi. Pengoperasian perdana terminal megah ini hanya akan meliputi keberangkatan domestik saja, yakni pada gate 3, 4 dan 5 saja. Kemudian untuk check in calon-calon penumpang yang menggunakan Terminal 3 Ultimate ini hanya hanya tiga yang difungsikan, yakni counter check in counter check in D, E dan F.

“Kalau dari segi bagian yang tadi mau kita operasikan itu memang kecil, tetapi jangan main-main, ini adalah keselamatan-keamanan, satu saja yang tidak terpenuhi, maka berdampak kepada seluruh avsec. Oleh karena itu, tadi ibu Direktur Bandar Udara juga menjelaskan, Kementerian Perhubungan telah berupaya untuk bersama-sama dengan Angkasa Pura II mengevaluasi sejauhmana kesiapan itu,” tandasnya.

The post T3 Ultimate Akan Segera Dioperasikan 20 Juni, Dengan Catatan .. appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *