Untuk Pertama Kalinya, Tiga Unsur Seskoal Gelar Olahraga Bersama

Untuk pertama kalinya, tiga unsur Seskoal (Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut) gelar Olahraga Bersama yang berlangsung di area Seskoal pada hari Jum’at (3/6/2016) lalu. Kegiatan Olahraga Bersama tersebut diikuti oleh segenap Keluarga Besar Seskoal, Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Angkatan 54 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan XI. Kegiatan ini pun dimeriahkan dengan adanya sejumlah doorprize dan panggung hiburan musik.

olahraga bersama
Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara yang tampil sebagai musisi dengan membawakan lagu-lagu hits band Rock lawas, Jamrud.

“Mereka punya program, salah satunya adalah Olahraga Bersama antara dua siswa yang kita jadikan satu dengan anggorta Seskoal sendiri, dan itu rutin kita lakukan. Tadi pagi senam, lalu jalan sehat, lalu kita melepas burung. Ada 1065 burung kita lepas, jadi di Seskoal ini, di tengah hiruk-pikuk Jakarta, Seskoal ini adalah tempat yang asri, masih banyak tanaman-tanaman, banyak burung-burung, dan itu selalu kita pelihara,” ujar Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara di sela-sela kemeriahan kegiatan.

Olahraga Bersama sejatinya memang program kegiatan rutin baik Pasis Dikreg maupun Pasis Susjemenstra. Biasanya kegiatan tersebut diadakan oleh masing-masing Pasis dengan waktu yang tidak bersamaan dan baru kali ini diadakan bersama-sama dikarenakan padatnya kegiatan masing-masing dan waktu yang sangat sempit.

“Jadi ini setiap tahun selalu rutin dilaksanakan programnya, kalau tadi memang baru pertama kali kita gabung, sebelumnya sendiri-sendiri. Dikreg sendiri, Susjemenstra sendiri, ini kita gabung karena memang kegiatannya padat, waktunya sudah mepet. Kita memang mengalokasikan waktu sebelum puasa, jadi dapatnya hari ini, jadi kita adakan ramai-ramai,” ujar Ketua Senat Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan XI TP 2016 Mayor Laut (Kh) I Wayan Suarjaya seusai kegiatan berakhir.

Memang sebelumnya belum pernah ada olahraga bersama antara Dikreg dengan Susjemenstra, bisanya Dikreg dengan Seskoal atau Susjemenstra dengan Seskoal. Namun kali ini Susjemenstra, Dikreg dan Seskoal bersinergi dengan kegiatan yang sama.

“Tadi kegiatannya diawali dengan perenggangan sebelum jalan sehat. Kemudian ada pelepasan burung, ada 54 burung merpati yang menandakan Pasis Dikreg dan 11 burung merpati juga yang menandakan Susjemenstra, ditambah dengan 1.000 burung lainnya dilepas oleh Komandan Seskoal,” Ketua Senat Dikreg Seskoal Angkatan 54 Mayor Laut (P) Agus Supriyo.

Wayan menambahkan, setelah melepas burung kegiatan selanjutnya adalah jalan sehat, kemudian pembagian doorprize dan acara ramah tamah.

olahraga bersama
Sumber gambar: Dok. Kasubbagpen Seskoal

“Intinya acara ini memang kita buat khusus untuk anggota Seskoal, karena selama ini merekalah keluarga besar Seskoal yang ada di belakang kita dalam melaksanakan pendidikan. Cleaning service juga untuk keberhasilan kita juga, kalo tidak bersih kita juga enggak enak belajarnya. Dari pangkat bawah sampai tertinggi itu ada di sana, itu semua yang membantu kita dalam melakukan proses belajar-mengajar,” ungkap Wayan yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubbagpen Seskoal.

Dari kegiatan Olahraga Bersama yang telah sukses dilakukan tersebut, Wayan pun mengevaluasi bahwa betapa kompaknya kebersamaan mereka.

“Evaluasinya, karena memang ini baru pertama kita gabung, di situ kita melihat betapa kompaknya kita. Bahkan seorang Komandan Seskoal pun meninggalkan Laksamananya, jadi malah tampil sebagai seniman, sampai nyanyi seperti itu. Betapa menyatunya kita dua Pasis, Pasis Susjemanstra dan Pasis Dikreg dengan anggota Seskoal, itu yang saya lihat dari pelaksanaan olahraga tadi,” tandas Wayan.

The post Untuk Pertama Kalinya, Tiga Unsur Seskoal Gelar Olahraga Bersama appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *