Yuk Simak 4 Tips Ini Agar Dapat Mudik dengan Nyaman

Tak terasa hari ini telah memasuki H-4 Hari Raya ‘Idhul Fithri. Lonjakan penumpang mulai terlihat tentunya di berbagai lokasi tak terkecuali Bandara Soekarno-Hatta. Suasana dan kondisi di jalan maupun bandara tentunya akan semakin padat menjelang puncak arus mudik. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda tidak nyaman untuk nikmati perjalanan mudik. Yuk simak empat tips berikut agar dapat mudik dengan nyaman.

Ada tips bermanfaat dari Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan, agar penumpang yang berangkat mudik maupun liburan melalui bandara tetap nyaman dan lancar. Nah, hal pertama yang harus diperhatikan oleh penumpang adalah soal check in tiket pesawat.

Wakan menghimbau untuk memanfaatkan layanan check in alternatif selain check in di konter, seperti web check in, city check in, atau WhatsApp check in. Agar ketika Anda sampai di bandara tidak perlu lagi repot-repot antre di check in counter.

Tips kedua dari Wakan adalah mengenai penempatan barang berharga. Sebisa mungkin Anda harus hindari menaruh barang berharga di dalam koper atau tas yang dimasukkan ke bagasi. Penumpang dapat belajar dari sejumlah kasus sebelumnya, di mana banyak barang berharga hilang setelah masuk ke bagasi. Lebih aman bila barang berharga dibawa serta ke dalam kabin dengan tas kecil dan ditaruh di bagasi kabin atau dipegang selama penerbangan berlangsung.

Ketiga, disarankan agar penumpang mengurangi penggunaan asesoris dari bahan metal dan baju yang berlapis-lapis. Hal tersebut dilakukan agar dapat mempercepat proses pemeriksaan keamanan di dalam terminal.

Nah yang terakhir dan yang paling penting adalah Anda harus datang lebih awal dari waktu keberangkatan. Hal lumrah yang terjadi ketika jelang arus mudik adalah kemacetan yang mengular dan antisipasi jadwal keberangkatan yang dimajukan. Pastikan diri untuk tiba di bandara dua jam sebelum jadwal keberangkatan Anda.

“Jangan lupa juga buat selalu datang lebih awal. Waktu yang aman adalah dua jam lebih awal sudah tiba di bandara,” tutur Wakan seperti yang dilansir kompas.com, Kamis (30/6/2016).

Dalam menyikapi kondisi lalu lintas yang dikhawatirkan padat menuju bandara, Wakan berpesan supaya penumpang dapat naik kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Moda transportasi yang disarankan untuk ke bandara adalah bus Damri. Namun, untuk mudik Lebaran tahun ini, Wakan berharap tidak ada kemacetan lagi seperti high season sebelumnya karena manajemen bandara telah bekerjasama melakukan rekayasa lalu lintas.

Sambil menunggu panggilan boarding di bandara, Anda dapat menggunakan sejumlah fasilitas, seperti bersantai di rest area atau commercial area masing-masing terminal, WiFi, serta toilet hingga nursery room. Selain itu, penumpang turut diajak untuk pro aktif melaporkan hal-hal mencurigakan kepada personel Aviation Security (Avsec) atau petugas keamanan setempat.

The post Yuk Simak 4 Tips Ini Agar Dapat Mudik dengan Nyaman appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *