Begadang Nonton Piala Dunia, Siapkan 4 Hal Ini

Sumber

Halodoc, Jakarta – Piala Dunia 2018 semakin menarik perhatian banyak mata, sebab beberapa hari lagi fase grup akan segera berakhir. Bagi pecinta sepak bola rasanya ada yang kurang bila melewatkan nonton bareng, alias nobar untuk menyaksikan pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.  Namun, yang mesti diingat, begadang semalaman untuk mendukung tim favorit bisa memengaruhi kesehatanmu, lho.

Kata ahli, begadang sama sekali tak mendatangkan kebaikan bagi tubuh. Jangan heran bila kamu bangun di pagi harinya dalam keadaan tidak segar ketika begadang semalaman. Kurang tidur ini juga akan membuat tubuhmu merasa letih dan kurang berkonsentrasi sepanjang hari. Padahal, tidur menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya, mengganti sel-sel yang rusak hingga menjaga suasana hati agar tetap ceria. Singkatnya, tidur benar-benar amat dibutuhkan fisik dan psikis.

Nah, agar kondisi keduanya tetap terjaga meski begadang nonton Piala Dunia 2018, cobalah lakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Penuhi Jam Tidur

Mencukupi waktu tidur merupakan cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas karena begadang. Kamu bisa kok mencoba tidur siang terlebih dahulu, atau tidur lebih awal sebelum menonton Piala Dunia 2018. Misalnya, bila tim favoritmu akan berlaga pada pukul satu pagi, cobalah tidur lebih awal agar waktu kebutuhan tidur tetap terpenuhi. Contohnya, kamu bisa tidur pada pukul delapan dan bangun ketika laga akan dimulai.

Baca juga: Tips Mengatasi Kurang Tidur

Kata ahli, seseorang yang waktu tidurnya tercukupi bisa menjalani hari-hari dengan penuh kesigapan. Lalu, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur di malam hari? Menurut rekomendasi National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur malam selama tujuh hingga sembilan jam.

  1. Jangan Sampai Kekurangan Minum

Jangan sampai lupa kebutuhan cairan tubuh karena asyik menyaksikan tim kesayangan bertanding. Kamu perlu mengisi cairan tubuh dengan air putih yang cukup. Kalau perlu, konsumsilah cairan yang mengandung ion, tanpa berlebihan. Ingat, lebih dari setengah anggota tubuhmu itu terdiri dari air. Bila tubuh dehidrasi, pastinya sistem dan organ-organ tubuh enggak akan bekerja dengan optimal. Nah, hal inilah yang bisa membuat kamu jatuh sakit.

  1. Jauhi Camilan Tidak Sehat

Ada yang kurang bila nobar enggak dilengkapi dengan berbagai camilan. Sayangnya, enggak sedikit orang yang mengonsumsi camilan tak menyehatkan di sela-sela menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018. Kata ahli, cobalah hindari untuk mengonsumsi berbagai camilan yang merugikan kesehatan. Misalnya, seperti gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu banyak.

Baca juga: 7 Camilan Menyehatkan untuk Nobar Piala Dunia Rusia 2018

Kata ahli, begadang juga bisa meningkatkan berat badan, lho. Oleh sebab itu, konsumsilah makan malam pada jam normal sebelum kamu begadang. Nah, ketika pertandingan akan dimulai, kamu bisa mengasup camilan menyehatkan agar tubuh tetap fokus dan berenergi selama begadang. Lalu, camilan seperti apa sih yang baik dikonsumsi pada malam hari?

Kamu bisa kok mengasup dark chocolate yang bernutrisi tinggi bernutrisi tinggi dan baik dikonsumsi pada malam hari. Cokelat jenis ini mengandung bubuk kakao 50-70 persen yang rendah gula. Cokelat hitam juga mengandung polifenol yang bisa menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga bisa mencegah keinginan untuk mengonsumsi makanan manis berlebihan. Kata ahli, camilan sehat ini juga tinggi antioksidan yang bisa melawan peradangan dan meningkatkan suasana hati.  

  1. Rutinlah Berolahraga

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh enggak hanya cukup dengan makanan yang menyehatkan dan terpenuhinya waktu tidur. Tubuh juga membutuhkan olahraga agar fungsi dan sistem tubuh tetap berjalan dengan optimal. Kata ahli, rutin berolahraga bisa membuat tubuh berstamina dari biasanya.

Baca juga: 5 Makanan Untuk Memulihkan Tenaga Setelah Olahraga

So, enggak ada yang melarang kamu untuk begadang semalam demi mendukung tim kesayangan kok. Namun, tetaplah jaga kondisi tubuh agar tidak jatuh sakit karena kekurangan tidur.

Nah, kalau kamu punya masalah kesehatan selama Piala Dunia 2018 berlangsung, kamu bisa lo bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!