Begini Aturan Main Pemain Asing di IBL 2020

Sumber

Jakarta – Indonesia Basketball League (IBL) musim 2020 mengalami sejumlah perubahan. Salah satunya, regulasi pemain asing. Seperti apa aturan mainnya?

IBL musim depan yang dimulai 10 Januari di kota Semarang memperbolehkan setiap tim menggunakan tiga pemain asing. Regulasi ini diubah dari sebelumnya setiap tim hanya diizinkan menggunakan dua pemain asing.

Meski membolehkan tiga pemain asing, setiap tim hanya boleh memainkan dua pemain saja di lapangan dan sisanya di bangku cadangan. Sementara untuk pergantian pemain asing hanya boleh dilakukan sebanyak dua kali, yaitu seri IV dan sebelum seri terakhir.

“Dia boleh ganti dua kali. Salah satunya sebelum seri terakhir. Jadi kalau pemain mau ganti, ganti di seri terakhir seri reguler. Seri IV boleh ganti, biasanya sudah terkunci,” Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam jumpa persnya di FX Sudirman, Senayan, Selasa (1/10/2019).

“Tapi jika terjadinya hal tidak diinginkan dan harus ganti pemain asing, maka batasnya sebelum seri 8, dia harus masuk dulu namanya. Jadi jangan sampai klub mengganti hanya karena untuk play off, itu kan tidak fair buat klub lain.”

Pergantian pemain asing juga boleh dilakukan oleh tim peserta jika terjadi dua hal, seperti indisipliner dan cedera.

“Kami kasih keleluasaan kalau pemainnya tidak sesuai, misalnya indispliner. Itu yang pertama. Kemudian, cedera apabila klub dan liga menilai pemain cedera dan hal lain yang menyebabkan kerugian, itu silakan diganti. Ini kami pelajari juga dari yang sebelumnya,” dia menjelaskan.

Selain itu, perubahan juga dilakukan pada batas aturan tinggi pemain asing. IBL hanya membolehkan pemain asing minimal 200 cm. Sementara pada aturan sebelumnya, pemain asing tipe small man maksimal 188 cm, big man tak ada batasan tinggi.

“Suka enggak suka basket pasti bicara size. Kedua dengan adanya pemain asing secara tim jadi mengangkat. Tapi waktu menjadi pairing inidvidu, size masih menjadi masalah. Untuk itu, kami membatasi tinggi 200 cm supaya tak terlalu jauh pairingnya atau dengan kata lain mengimbangi pemain lokal kita,” ujar mantan pemain nasional ini.

Seiring perubahan regulasi pemain asing, IBL juga memutuskan untuk menaikkan batas maksimal gaji dari ketiga para pemain asing menjadi 6.000 dollar AS dari musim sebelumnya 4.000 dollar AS dengan dua pemain asing.

Simak Video ” MU Vs Arsenal Imbang, David de Gea Kecewa dengan Hakim Garis
[Gambas:Video 20detik](mcy/rin)