Chelsea Bungkam Tottenham Hotspur 2-0

Sumber

London – Tottenham Hotspur menelan kekalahan kandang dalam laga derby menghadapi Chelsea. The Lilywhites menyerah dengan skor 0-2 berkat dua gol di babak pertama.

Menjalani laga ke-18 dalam lanjutan Liga Inggris, Tottenham gagal memanfaatkan keunggulan bermain di kandang sendiri. Di hadapan puluhan ribu pendukung yang memadati Tottenham Hotspur Stadium, skuat besutan Jose Mourinho malah takluk 0-2.

Adalah Willian yang menjadi momok Spurs dalam laga tersebut. Pemain asal Brasil itu memborong kedua gol Si Biru. Yang pertama melakui tendangan lengkung yang cantik di menit 10, dan disambung dengan eksekusi penalti pada akhir babak pertama.

Laga ini juga diwarnai dua keputusan VAR yang memberi pengaruh besar dalam penentuan hasil akhir laga. Yang pertama adalah saat memutuskan Tottenham diganjar penalti di injury time babak pertama dan ketika wasit menghukum Son Heung Min kartu merah di tengah babak kedua.

Kemenangan atas Tottenham menjaga Chelsea tetap berada di posisi empat klasemen Liga Inggris, mengumpulkan 32 poin dari 18 laga. Sementara Tottenham kini menempari posisi tujuh dengan koleksi 26 angka.

[Gambas:Opta]
Jalannya Pertandingan Tottenham Hotspur Vs Chelsea

Laga di Tottenham Hotspur Stadium baru berjalan 10 menit, Chelsea sudah bisa mencetak keunggulan. Gol ini terjadi berkat kemampuan individu Wllian.

Pemain asal Brasil itu pada awalnya mengambil tendangan sudut pendek, di mana dia memilih melakukan umpan satu-dua dengan Kovacic. Sejurus kemudian Willian berlari menuju kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung yang masuk ke gawang.

Tottenham gagal bereaksi setelah kebobolan gol tersebut. Skuat besutan Jose Mourinho membangun serangan dengan lambat, sehingga dengan mudah dinatisipasi lawan.

Tuan rumah baru menciptakan peluang bersih pertamanya di menit 28. Menerima umpan dari Sissoko, tendangan Harry Kane dari dalam kotak penalti melayang terlalu tinggi.

Chelsea pada akhirnya menuntaskan babak pertama dengan keunggulan dua gol. Itu terjadi setelah wasit, dengan bantuan VAR, menyatakan telah terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti.

Tayangan ulang memperlihatkan kiper Paulo Gazzaniga menerjang Marcos Alonso di injury time babak pertama. Wilian yang maju sebagai eksekutor menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Tembakannya salah diantisipasi kiper lawan dan mengubah kedudukan jadi 2-0.

Mourinho mencoba menambah daya gedor di awal babak kedua dengan memasukkan Christian Eriksen untuk menggantikan Eric Dier. Tapi efek yang diharapkan manajer asal Portugal itu tak juga muncul.

Son Heung Min dikartu merah dalam laga Tottenham Hotspur Vs CheleaSon Heung Min dikartu merah dalam laga Tottenham Hotspur Vs Chelea Foto: Michael Regan/Getty Images

Di menit 55 gawang Tottenham kembali jebol oleh Tammy Abraham. Tapi wasit langsung membatalkan gol tersebut karena dalam prosesnya telah terlebih dulu terjadi offside.

Bukan gol yang tercipta, Tottenham malah dapat masalah lain di menit 62 saat wasit mengkartu merah Son Heung Min. Hukuman tersebut diambil wasit dengan bantuan VAR, usai pemain depan asal Korea Selatan itu melakukan pelanggaran keras terhadap Antonio Rudiger.

Bermain dengan 10 orang dan dalam kondisi mengejar ketinggalan dua gol benar-benar menyulitkan Tottenham. Gawang mereka malah nyaris dijebol Ngolo Kante di menit 74, saat tendangannya ke arah sudut atas gawang melenceng tipis dari sasaran.

Setelah berjalan 90 menit dan injury time sampai sembilan menit, upaya Tottenham mencetak gol balasan tak juga berhasil. Skor akhir duel Tottenham Hotspur Vs Chelsea 0-2.

Simak Video “Duel Sengit Liverpool Tottenham Berakhir 2-1
[Gambas:Video 20detik](din/rin)