Di Bawah Ancaman Pemecatan Sewaktu-waktu, Simon Relaks

Sumber

Jakarta – Kendati PSSI tak mencopot Simon McMenemy dari Timnas Indonesia, namun posisinya dikabarkan tak aman. Bagaimana Simon meresponsnya?

Posisi Simon di Timnas Indonesia sempat digoyang setelah Merah Putih dikandaskan Malaysia dan Thailand pada dua pertandingan awal babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tragisnya, laga itu dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Bahkan, beberapa nama penggantinya sempat muncul. Salah satunya, pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

PSSI merespons keinginan masyarakat itu dengan mempertahankan Simon sebagai pelatih Timnas. Kini, Skuat Merah Putih bersama Simon menuju Dubai untuk menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Uni Emirat Arab (UEA).

Tapi, spekulasi dirinya dicopot dari Timnas Indonesia tak surut. Disebut-sebut, hasil pertandingan dengan UEA bakal menjadi penentu kebersamaan Simon dengan Timnas.

“Saya selalu dalam sorotan. Apakah saat saya sedang menang atau kalah, saat saya memilih untuk memasang Andritany (Ardhiyasa), memangil Wawan (Hendrawan) pasti selalu jadi sorotan,” ujar Simon usai latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

“Saya tidak bisa bikin semua orang senang. Kalau saya mencoba membuat semua orang senang mungkin saya tidak bisa tidur,” kata Simon menambahkan.

Simon mengakui sebagai pelatih dia selalu dituntut untuk membawa timnya menang. Itu sudah menjadi risiko dari pekerjannya.

“Pelatih tidak bisa mengeluh karena suporter Indonesia ingin selalu menang, walaupun lawannya Brasil, pasti kami tetap dituntut untuk menang. Bukan dalam artian ini adil, tetapi ini bagian dari pekerjaan,” kata Simon.

Oleh karena itu, dia tak mau memikirkan soal masa depannya di Timnas. Pelatih asal Skotlandia itu memilih fokus menyiapkan timnya melawan UEA.

“Saya optimistis kami bakal kompetitif saat melawan UEA. Itu (masa depan di Timnas Indonesia) bukan bagian saya untuk memutuskannya,” kata Simon menambahkan.

Simak Video “Andritany Cs Dicemooh Suporter, Ini Reaksi Coach Simon
[Gambas:Video 20detik](ads/fem)