Jadi Atlet Paling Tajir, Kekayaan Messi dari Mana Saja?

Sumber

Jakarta – Megabintang BarcelonaLionel Messi diumumkan sebagai atlet terkaya dengan pendapatan nyaris Rp 2 triliun. Lantas dari mana asal kekayaan Messi?

Messi menjadi atlet berbayaran tertinggi setelah meraup USD 127 juta (Rp 1,8 triliun), yang dihitung pada 1 Juni 2018 hingga 1 Juni 2019. Pendapatan tersebut termasuk gaji, hadiah uang, bonus, dan iklan-iklan tanpa menghitung pajak, bayaran untuk agen, dan pendapatan hasil investasi.

Penyerang internasional Argentina itu mengungguli dua pesepakbola lainnya: Cristiano Ronaldo (USD 109 juta), dan Neymar (USD 105 juta), yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Menurut rincian dari Forbes, sebanyak USD 92 juta (Rp 1,31 triliun) didapatkan pemain terbaik dunia lima kali itu dari gaji dan hadiah uang. Sedangkan USD 35 juta (Rp 498 miliar) dihasilkan Messi dari berbagai endorsement yang meliputi merek-merek ternama dunia seperti Gatorade, Huawei, Mastercard, Pepsi, dan kontrak seumur hidup dengan Adidas.
Bayaran Messi dari aksinya di atas lapangan hijau saja sudah bikin melongo. Berdasarkan kontrak yang sudah disepakati hingga 2021, Barcelona membayar Messi lebih dari USD 80 juta per tahunnya (Rp 1,1 triliun).

Pundi-pundi Messi juga mendapat tambahan dari pariwisata. Sebuah taman rekreasi bertema Messi telah dibangun di Nanjing, China dan akan dibuka pada 2020.

Kaya raya tidak membuat Messi kondisi sosial di sekitarnya. Sejak 2010, pesepakbola berusia 31 tahun itu menjadi duta UNICEF dan mendirikan Leo Messi Fundation untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung.

(rin/din)