Konsistensi Timnas Swiss Di Piala Dunia 2018

Sumber

Berbicara Piala Dunia 2018 tentu kita bakal dikejutkan dengan gugurnya tim-tim besar sekelas Jerman, Spanyol, Argentina dan Portugal. Oleh karenanya, kini saatnya tim-tim non unggulan untuk bersama-sama saling berunjuk gigi di pagelaran akbar empat tahunan ini. Satu dari sekian tim-tim non nama besar adalah Swiss. Sampai saat ini, Swiss masih bertahan hingga babak 16 besar dan akan melakoni laga kontra Swedia pada 3 Juli esok. Swiss yang notabene peringkat keenam dunia pada rilis terbaru FIFA pada ­pertengahan Mei 2018, tentunya membuat Swiss tak bisa ­diremeh­kan pada Piala Dunia 2018.

Terlebih, Swiss menjadi salah satu negara yang konsisten meng­i­kuti pentas kejuaraan sepak bola tertinggi empat tahunan tersebut sejak 2006. Artinya, tim asuhan Vladimir Petkovic ini tak per­nah absen sejak Piala Dunia 2006 Jerman, Pi­ala Dunia 2010 Afrika Selatan, Piala Dunia 2014 Brasil, dan sekarang Piala Dunia 2018 Rusia. Bah­kan, pada 2006 dan 2014 mereka bisa melaju ke babak 16 Besar. Untuk itu, Swiss mengincar raihan lebih baik pa­da Piala Dunia 2018 Rusia, yakni mi­nimal ba­bak perempat final.

Pelatih Vladimir Petkovic me­ngatakan, target itu dicanangkan karena dia ingin Swiss mengulang kejayaan Swiss pa­da Piala Dunia 1934 dan 1938 yang bisa melaju hingga perempat final. Bahkan, dukungan untuk Swiss di Piala Dunia 2018 juga dilontarkan mantan kapten Swiss di pentas Piala Dunia 2006, Johann Vogel. Vogel yakin, Swiss punya peluang besar bisa berbicara banyak di Rusia.

“Satu yang pasti, dalam dada pemain tersulut spirit agar melangkah lebih jauh dibandingkan dengan sekadar babak 16 Besar dalam tiga putaran final Piala Dunia terakhir. Saya yakin ka­mi akan tampil bagus di tengah iklim dingin Rusia,” kata Vogel.

Berbicara mengenai lolosnya Swiss ke pergelar­an Piala Dunia 2018, hal itu terjadi setelah Swiss menempati posisi runner-up Grup B pada ku­alifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA yang kemudian harus berhadapan dengan Irlandia Utara pada babak play-off November lalu. Dalam perkembangannya, berdasarkan ranking FIFA, Swiss menunjukkan tren positif. Saat ini Swiss menempati peringkat keenam FIFA, pencapaian tertinggi yang pernah diraih oleh sejarah Timnas Swiss.

Pada kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, Swiss tampil impresif dengan finis di posisi kedua mengoleksi 27 poin. Swiss hanya kalah selisih gol dari juara grup, Portugal yang mengemas poin sama. Pada babak play-off, Swiss menyingkirkan Irlandia Utara dengan agregat 1-0 sebelum mengamankan satu tiket ke putaran final. Skuad yang dibawa Petkovic ke Rusia tergolong cukup kuat. Ricardo Rodriguez, Xherdan Shaqiri, kiper Yann Sommer, dan top skor Swiss di babak kualifikasi, Haris Seferovic merupakan nama-nama tak asing di Eropa.

Pemain andalan Petkovic seperti Granit Xhaka juga dipercaya untuk mengontrol lini tengah. Gelandang bertahan Arsenal ini tampil impresif di Piala Dunia 2014 lalu. Selain itu, Xhaka juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Swiss tahun 2017. Sebuah torehan konsistensi yang cukup apik bahkan untuk mengarungi pagelaran Piala Dunia di Rusia. Menarik ditunggu kiprahnya di babak 16 besar esok hari.