Laga Persahabatan: Brasil Ditahan Imbang Panama 1-1

Sumber

Jakarta – Brasil mendapatkan hasil kurang memuaskan pada laga persahabatan melawan Panama. Selecao hanya mampu bermain imbang 1-1.

Pada laga yang diadakan di Estadio do Dragao, Minggu (24/3/2019) dinihari WIB, Brasil tidak diperkuat Neymar yang masih cedera. Namun nama-nama besar macam Philippe Coutinho, Casemiro, Miranda, hingga Roberto Firmino ada di line-up.

Secara permainan pun Brasil jauh lebih agresif dan menguasai permainan. Menurut statistik yang dilansir Onefootball, Firmino dkk unggul penguasaan bola mencapai 78-22 persen. Brasil juga melepaskan 14 tembakan berbanding lima milik Panama.

Meski demikian, seperti diketahui hanya satu gol yang didapatkan dari aksi Lucas Paqueta di menit ke-32. Keunggulan itu hanya bertahan empat menit setelah disamakan Adolfo Machado.

Brasil langsung menguasai permainan selepas kick-off. Meski demikian, Selecao butuh waktu setidaknya 18 menit untuk membuat peluang pertama.

Umpan silang Philippe Coutinho disambut sundulan Roberto Firmino yang masih menyamping. Lima menit berselang, giliran Arthur yang mencoba peruntungan. Tapi tendangan jarak jauhnya masih tipis di sisi gawang Panama.

Brasil mencetak gol pada menit ke-32. Berawal dari umpan akurat Casemiro, Lucas Paqueta yang ada di tiang jauh berdiri bebas dan menerima bola sempurna dengan bola. Tembakan mendatarnya mengoyak gawang Panama.

Kelengahan Brasil berbuah petaka. Empat menit setelah gol Paqueta, Panama berhasil menyamakan kedudukan.

Berawal dari umpan panjang Eric Davis, Adolfo Machado yang tak dijaga sempurna para pemain Brasil, memanfaatkannya lewat sundulan. Babak pertama berakhir 1-1.

Panama langsung menggebrak di babak kedua. Membuat kombinasi passing apik, Jose Luis Rodriguez melakukan tembakan jarak jauh yang masih bisa ditangkap Ederson.

Setelah momen itu, Brasil kembali menyerbu pertahanan Panama. Dua peluang berturut-turut didapat pada menit ke-51 dan 53, lewat tendangan jarak jauh Paqueta serta voli Richarlison. Tak membuahkan hasil.

Panama lolos dari situasi genting berkat sang kiper, Luis Mejia. Ia menggagalkan peluang Richarlison di menit ke-66. Tembakan lain dari pemain yang sama juga berhasil diamankannya.

Brasil terus menebar ancaman. Pada menit ke-71, umpan silang Coutinho ditanduk Casemiro dan masih mengenai tiang gawang. Tak ada lagi gol tercipta.

Susunan Pemain:

Brasil: Ederson; Telles, Miranda, Militao, Fagner; Paqueta (Everton 60′), Casemiro, Arthur (Anderson 72′); Coutinho, Firmino (Jesus 60′), Richarlison

Panama: Mejia; Davis, Escobar, Cummings, Machado, Murillo (Blackman 85′); Rodriguez (Arroyo 89′), Godoy (Campo 92′), Cooper (Walker 82′), Quintero (Browne 85′), Torres (Fajardo 74′) (raw/rin)