Mampukah Tontowi/Winny Tembus 10 Besar Dunia Tahun Ini?

Sumber

Jakarta – Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow optimistis menembus sepuluh besar ganda campuran dunia. Mampukah?

Tontowi/Winny memang masih inkonsisten. Tapi bisa menembus perempatfinal China Open 2019 dengan mengalahkan ganda campuran peringkat keempat dunia dari China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, menjadi modal mereka untuk memperbaiki peringkat.

Dengan hasil itu, Tontowi/Winny, yang memulai persaingan dunia dari peringkat 265, berangsur-angsur naik peringkatnya. Kini, mereka menembus urutan ke-15 dunia.

“Kami berharap mereka bisa sejauh mungkin bisa tembus 10 besar (sampai akhir tahun ini). Supaya ada empat pasang di 10 besar jadi banyak,” kata asisten pelatih pelatnas ganda campuran, Nova Widianto. kepada pewarta Jumat (11/10/2019).

“Kalau 15 besar kan tanggung. Apalagi untuk Tontowi yang biasa berada di peringkat satu sampai empat (saat masih bersama Liliyana Natsir), ranking dia sekarang tentu masih jauh. Mereka juga pasti merasakan hal yang sama,” ujar dia.

Lebih jauh, Nova juga menjelaskan jika pesaing-pesaing Tontowi sampai kini masih ada rasa takut ketika menghadapi peraih medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro itu. Meski Tontowi tak lagi berpasangan dengan Liliyana.

“Semua (lawan-lawan di ganda campuran) sebenarnya mereka masih pada takut ketemu Tontowi. Kemarin saja Yi Lyu/Dong Ping di China Open dan Zheng Siwei/Huang Ya Qiong di Korea Open (kelihatan) masih takut dengan bola-bola Tontowi. Tinggal Winny bisa mengimbangi enggak, sebab terkadang pemain muda diuji mentalnya ya saat di sana,” Nova menjelaskan.

“Artinya, Tontowi berada di atas segalanya dari Winny, dari usia dan kualitas. Nah, Winny harus bisa atasi itu. Sementara soal kekompakan sudah lebih bagus, tinggal progresnya harus lebih lagi,” dia menambahkan.

Simak Video “Walau Jarang Latihan Bareng, Owi-Butet Masih Oke
[Gambas:Video 20detik](mcy/fem)