Marquez di MotoGP Australia: Dua Kali Juara, Sisanya Gagal Finis

Sumber

Jakarta – Marc Marquez tercatat enam kali balapan di Australia pada kelas MotoGP. The Baby Alien sudah dua kali juara di Phillip Island, namun sisanya selalu gagal finis.

MotoGP Australia digelar, Minggu (27/10/2019). Pada balapan di Sirkuit Phillip Island, Marquez punya kesempatan membuat rekor baru.

Rider asal Spanyol itu akan tercatat sebagai pebalap Honda dengan jumlah kemenangan terbanyak, andai berhasil finis pertama di Australia. Saat ini ia mengoleksi 54 kemenangan, atau sama dengan Mick Doohan.

Meski demikian, tantangannya untuk melampaui rekor tersebut di Australia tidak mudah. Marquez terakhir kali menaklukkan Phillip Island pada 2017.

Total dari enam balapan seri Australia sejak tahun 2013, juara dunia MotoGP 2019 itu hanya mencatatkan dua kemenangan di tahun 2015 dan 2017. Sisanya Marquez selalu gagal mengakhiri race.

Pada balapan tahun 2013, Marquez terpaksa didiskualifikasi pada lap ke-11. Saat itu para rider diwajibkan mengganti ban saat sudah memasuki lap ke-9 atau ke-10, namun ia tidak melakukannya hingga harus dikibari bendera hitam.

Setahun berselang, Marquez kembali gagal finis di Australia setelah mengalami crash saat tengah memimpin balapan pada 10 lap tersisa. Meski demikian, ia sudah mengunci titel juara dunia MotoGP 2014, sehingga hasil balapan di sana tidak berpengaruh baginya.

Rider tim Honda Repsol itu lagi-lagi jatuh dari tunggangannya di tahun 2016. Marquez harus mengakhiri balapan lebih cepat, seusai gagal mengendalikan bagian depan motornya di lap ke-10.

Pada balapan terakhir tahun 2018, Marques juga gagal menyelesaikan balapan di Phillip Island. Ia terpaksa keluar dari race usai motornya diseruduk oleh Johann Zarco di lap keenam.

Pencapaian Marc Marquez di MotoGP Australia

2013: Gagal Finis (Didiskualifikasi)
2014: Gagal Finis (Crash)
2015: Juara
2016: Gagal Finis (Crash)
2017: Juara
2018: Gagal Finis (Crash)

Simak Video “Honda Bocorkan Resep Melesatnya Marquez
[Gambas:Video 20detik](cas/mrp)