Piala Dunia 2018: Jerman Bangkit, Kalahkan Swedia 2-1

Sumber

TEMPO.CO, Jakarta – Gol Toni Kroos pada akhir pertandingan membawa juara bertahan Jerman menang 2-1 atas Swedia, Ahad dinihari WIB. Mereka sekaligus bangkit dari kekalahan di laga pertama dan menjaga peluang mereka lolos ke putaran 16 besar Piala Dunia 2018.

Jerman kini selevel dengan Swedia di Grup F dengan koleksi tiga poin dan tertinggal dari Meksiko yang memiliki enam poin. Korea Selatan dipastikan tersingkir setelah dua kali kalah.

Swedia membuka keunggulan pada menit ke-32 ketika Ola Toivonen melakukan penyelesaian dengan penuh percaya diri, setelah pemain Jerman Toni Kroos kehilangan bola di lapangan tengah.

Marco Reus menyamakan kedudukan pada menit ke-48, menyambar umpan silang mendatar dari Timo Werner. Meski harus kehilangan Jerome Boateng yang mendapat kartu merah pada menit ke-82, Jerman terus menyerang dan Kroos membawa mereka meraih kemenangan penting.

Swedia bermain rapi ketika Jerman mendapatkan beberapa peluang pada menit-menit pembukaan, namun mampu mengatasi tekanan dan secara bertahap mulai mengancam melalui serangan balik, dan Marcus Berg meminta penalti yang tidak dikabulkan wasit ketika dijatuhkan Boateng.

Jerman menggempur pertahanan Swedia dan leluasa mengoperkan bola melintasi kotak penalti, kelihatannya ini hanya masalah waktu sebelum mereka mencetak gol, namun gol Toivonen memberi kesempatan benafas kepada Swedia.

Manuel Neuer mencegah Jerman tertinggal 0-2 saat turun minum, dengan melakukan gerakan akrobatik untuk mendefleksikan sundulan Berg dari tendangan bebas Sebastian Larsson.

Boateng diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning keduanya delapan menit sebelum pertandingan usai. Namun, Jerman terus menekan meski hanya diperkuat 10 pemain.

Timo Werner gagal memanfaatkan peluang dari jarak dekat, dan Swedia kelihatannya akan mendapatkan hasil imbang. Namun Kroos mencetak gol pada menit kelima masa tambahan waktu untuk memberikan kemenangan bagi Jerman.