Pulang Kampung ke Anderlecht, Kompany Jadi Pemain-Pelatih

Sumber

Brussels – Vincent Kompany memutuskan pulang kampung ke klub lamanya Anderlecht. Di sana, Kompany tak cuma jadi pemain tapi juga merangkap sebagai pelatih.

Kompany resmi meninggalkan City musim panas nanti setelah 11 tahun berada di sana. Treble domestik di Inggris adalah persembahan terakhir dari Kompany.

Tak lama setelah mengumumkan kepergiannya dari Etihad Stadium, Kompany juga memberitahukan klub tujuan selanjutnya. Adalah Anderlecht yang jadi tujuan Kompany sembari menunggu waktu yang tepat untuk gantung sepatu.

Meski demikian, Kompany tak cuma jadi pemain di sana. Diikat kontrak tiga tahun, Kompany juga akan merangkap sebagai pelatih utama menggantikan posisi Karim Belhocine yang diberhentikan menyusul performa buruk tim musim ini.

“Saya sudah memutuskan untuk menerim tantangan sebagai pemain-pelatih di RSC Anderlecht,” ujar Kompany di akun facebook-nya seperti dikutip Sky Sports.

“Ini mungkin mengejutkan Anda. Ini adalah keputusa paling luar biasa yang pernah saya buat, bukan sesuatu yang rasional,” sambungnya.

Anderlecht adalah klub pertama dalam karier profesional Kompany saat melakoni debut profesional pada 2003. Tiga tahun bermain di sana, Kompany lantas pindah ke Hamburg pada 2008 sebelum akhirnya berseragam City. Tugas berat menanti Kompany setelah Anderlecht musim ini cuma finis posisi keempat klasemen dan mengalami tiga kali pergantian pelatih.

“Sebagai pemain, saya lahir dan dibesarkan di RSC Anderlecht. Sejak umur enam tahun, saya sudah bersama klub itu. Klub dengan 34 titel liga, mereka tak ada tandingannya.”

(mrp/rin)