AMD Tambahkan Fitur pada Driver untuk Game DirectX 12

phacing

Baru-baru ini, produsen chip komputer ternama di dunia, AMD, ternyata menyelipkan fitur baru pada driver terbaru mereka. Fitur baru tersebut dapat mengubah performa konfigurasi multi GPU GCN dan juga APU yang menggunakan arsitektur yang sama. Fitur yang dinamakan Frame Pacing tersebut diklaim akan memberikan performa lebih smooth juga FPS yang lebih baik.

Lalu bagaimanakah fitur Frame Pacing bekerja? Ketika merender game terkadang konfigurasi multi GPU memberikan input data hasil render saling bergantian satu sama lain sehingga dapat menghasilkan frame time yang baik. Namun terkadang hasil dari render dari dua GPU, datang bersamaan satu dengan yang lain sehingga menimbulkan delay atau lag sepersekian detik pada hasil gambar di monitor yang kita lihat. Frame Pacing akan mengoreksi hal tersebut, sehingga hasil render frame dari satu GPU dan GPU kedua dapat berjalan teratur dan menghasilkan hasil gambar yang lebih halus dan frame time lebih stabil.

Sebenarnya isu multi GPU ini sudah lama diutarakan oleh Scott Watson, dimana pada saat itu beliau masih menjabat sebagai Chief Editor Techreport yang terus mendorong AMD juga Nvidia akan pentingnya Frame Pacing pada konfigurasi Multi GPU. Dan cita-cita dari Scott akhirnya menjadi kenyataan dan beliau sekarang menjabat Senior marketing product di AMD.

AMD sendiri mengklaim, game-game berbasis DirectX 12 seperti Raise of Tomb Raider Total War; Warhammer; dan lainnya akan mendapatkan banyak keuntungan dengan fitur ini.

Jagat Review

1 thought on “AMD Tambahkan Fitur pada Driver untuk Game DirectX 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *