Android Kian Dominasi Dunia Smartphone

Gartner, analis pasar ternama, telah merilis hasil analisis terbaru untuk pasar smartphone global, berdasarkan kuartal kedua di tahun 2016. Laporan hasil analisis Gartner menunjukkan bahwa Android tetap berada di posisi puncak sistem operasi dunia smartphone. Bahkan, posisi Android semakin menguat dari sebelumnya dan memantapkan dominasi mereka di dunia smartphone.

Android Kian Dominasi Dunia Smartphone
Maskot dari versi Android terbaru, Android Nougat

Pangsa pasar global Android di kuartal kedua tahun ini meningkat 4% dibandingkan kuartal kedua tahun 2015. Kini, Android menguasai 86.2% perangkat di dunia smartphone. Android kian jauh menunggalkan lawan mereka. iOS, sistem operasi besutan Apple, yang jadi pesaing terdekat Android, harus puas dengan pangsa pasar hanya 12.9% di periode yang sama. Pangsa pasar iOS di kuartal kedua tahun ini menurun 2.3% dibandingkan di kuartal yang sama tahun lalu.

Selain itu, Gartner juga merilis hasil analisis angka penjualan smartphone global di kuartal kedua tahun ini. Terungkap bahwa Samsung masih memimpin di posisi pertama dengan pangsa pasar sebesar 22.3% di kuartal kedua tahun ini. Sedangkan di posisi kedua juga masih dipegang oleh Apple dengan perolehan pangsa pasar 12.9% di kuartal kedua tahun ini. Posisi ketiga sendiri direbut oleh Huawei dengan pangsa pasar sebesar 8.9%. Posisi keempat dan kelima ditempati oleh “rekan senegara” Huawei, yaitu Oppo dan Xiaomi, masing-masing dengan pangsa pasar 5.4% dan 4.5%.

Hasil analisis yang menunjukkan Android mendominasi pasar smartphone global membuat Research Director Gartner, Roberta Cozza, mengatakan bahwa Google saat ini sudah berhasil mengembangkan platform Android dengan cepat sehingga Android kini bisa mendominasi teknologi smartphone global.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *