Aplikasi Messenger Kini Bisa Tangani SMS

Suatu fitur baru ditambahkan oleh Facebook ke aplikasi Messenger untuk sistem operasi Android. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Android untuk mengelola SMS dari dalam Messenger. Hal ini diharapkan Facebook dapat memberikan alternatif baru pengguna Android dalam mengelola SMS yang masuk ke perangkat mereka, sembari menyatukan semua percakapan dalam satu aplikasi saja.

Aplikasi Messenger Kini Bisa Tangani SMS

Fitur ini sebenarnya telah hadir dalam versi beta Messenger. Namun, baru beberapa waktu lalu Facebook resmi menghadirkannya dalam versi penuh instant messaging tersebut. Pengguna Android bisa mengupdate Messenger ke versi terbaru, lalu mengaktifkan pilihan “Default SMS App” di menu konfigurasi Messenger untuk penggunaan aplikasi ini untuk mengelola SMS yang masuk.

Facebook akan membedakan mana pesan di Messenger yang dikirimkan melalui SMS dengan memberi warna ungu di pesan. Pengguna juga bisa menggunakan beberapa fitur khas Messenger lain, seperti Location Sharing, Sticker, dan Emoji untuk percakapan SMS melalui Messenger. Pengguna Android juga bisa menggunakan fitur ini untuk mengirim SMS ke pengguna perangkat non-Android seperti layaknya SMS biasa.

Terkait fitur SMS ini, Facebook menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak akan menyimpan pesan SMS yang dikirimkan melalui aplikasi Messenger di server mereka. Pesan SMS hanya akan diperlakukan seperti SMS biasa, dan tentunya pengguna harus membayar tarif SMS standar ketika mengirim SMS melalui Messenger. Facebook juga menyebutkan bahwa pengguna dapat menonaktifkan fitur ini dengan mudah bila mereka tidak cocok dengan pengelolaan SMS melalui Messenger ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *