Chipset Mid-end Anyar Snapdragon 680 Muncul di Geekbench

Sumber

Qualcomm belum lama ini telah menggulirkan SoC terbarunya, Snapdragon 710 yang diperkirakan akan diminati oleh pabrikan smartphone untuk menghadirkan perangkat kelas menengah dengan performa yang menarik. Meski begitu, Qualcomm juga disebut-sebut sedang menggarap SoC baru lainnya, yakni Snapdragon 680.

Lagi dan lagi ditujukan untuk smartphone kelas menengah, Snapdragon 680 pun sudah muncul di Geekbench. Disebutkan chipset ini diramu dengan CPU enam inti, yang kemungkinan memiliki konfigurasi 2 + 4. Tentu saja, konfigurasi ini juga pernah ada di dalam chipset Qualcomm lainnya, yakni Snapdragon 650 dan 808.

Namun yang perlu diingat, penamaan Snapdragon 680 tentu saja belum final. Artinya, chipset ini bisa saja namanya akan diubah oleh Qualcomm. Contohnya, Snapdragon 710 yang awalnya sering disebut “670”. Ada juga yang mengatakan chipset ini mungkin versi parred down dari Snapdragon 710.

Clock speed core terbesar kemungkinan 2,15 GHz, artinya ini memiliki kemiripan dengan Kryo 260 yang ada di dalam Snapdragon 660 dan Kryo 4xx yang ada di dalam Snapdragon 710. Namun melihat hasil pengujian single core (1.900) lebih tinggi dari skor Snapdragon 660 (1.600), bisa saja Qualcomm akan memuat core Kryo generasi ke-4 terbaru.

Kinerja multi-core memang tidak terpaut begitu jauh dengan skor yang diraih Snapdragon 660 (memiliki keunggulan dua inti). Namun, bisa saja ada beberapa perbedaan penugasan dalam proses benchmark yang dilakukan daripada penggunaan sebenarnya.

Baca juga

Jika melihat itu semua, ini sebuah penawaran menarik yang disajikan oleh Qualcomm di kelas menengah. Pengujian sendiri dilakukan pada platform yang dikembangkan oleh Qualcomm dengan RAM sebesar 6 GB. Memang belum ada smartphone dengan chipset ini yang telah diuji, akan tetapi diharapkan chipset ini akan hadir dalam waktu dekat.