Dev. The Witcher 3 Kini Bernilai Lebih dari USD 1 Miliar

cd projekt

Dari semua developer game yang ada di industri game, CD Projekt memang pantas meraih kesuksesan. Berangkat dari developer yang tak dikenal sepak terjangnya  menjadi salah satu otak di balik salah satu game terbaik sepanjang masa, CD Projekt mencuri hati gamer tak hanya dari kualitas video gamenya saja tetapi juga beragam kebijakan yang mereka usung. Tak ada DRM, tak ada DLC berbayar dengan konten tak signifikan, tak ada pula kebijakan rilis terburu-buru yang akhirnya mengorbankan kualitas. Berita baiknya? Kesuksesan The Witcher 3 ternyata berhasil melambungkan tak hanya popularitasnya saja, tetapi juga nilai perusahaan itu sendiri. CD Projekt kini pantas disejajarkan dengan sebagai salah satu pelaku industri game raksasa.

Dibandingkan dengan kuartal pertama, keuntungan CD Projekt untuk kuartal kedua memang melambat namun tetap memperlihatkan angka yang mengagumkan. Dengan DLC yang sudah dirilis – Hearts of Stone dan Blood & Wine, mereka berhasil menelurkan keuntungan sekitar USD 82 juta dengan nilai bersih sekitar USD 34,7 juta. Satu yang menarik? Nilai saham mereka juga melonjak naik hingga menjadikan CD Projekt sebagai perusahaan dengan nilai melebihi USD 1 Miliar saat ini. Angka yang tentu saja luar biasa! Nilai saham mereka berhasil naik sekitar 67% dibandingkan dengan awal tahun 2016 ini.

Saham yang naik sekitar 67% dari awal tahun membuat CD Projekt kini menjadi perusahaan yang bernilai lebih dari USD 1 Miliar.
Saham yang naik sekitar 67% dari awal tahun membuat CD Projekt kini menjadi perusahaan yang bernilai lebih dari USD 1 Miliar.

Tak hanya The Witcher 3 saja yang berkontribusi positif, keputusan untuk menyediakan portal ala Steam via GOG Galaxy ternyata  berhasil menjadi kebijakan yang terbayar manis. Ia berhasil menjual DLC untuk The Witcher 3 lebih banyak dari game utamanya itu sendiri sejak tahun lalu. Laporan keuangan terbaru ini juga berfokus pada ambisi CD Projekt untuk memastikan game mereka yang berdasarkan permainan kartu di The Witcher 3 – Gwent berakhir sebagai game e-Sports yang baru. Kondisi keuangan yang kuat juga membuat perusahaan ini tak ragu untuk  mencari lebih banyak talenta baru, dengan sekitar 104 pekerjaan baru ditawarkan saat ini.

Selain Gwent, satu-satunya proyek yang sudah dikonfirmasikan oleh CD Projekt saat ini adalah game action RPG bertema cyberpunk yang masih tanpa detail gameplay sama sekali – Cyberpunk 2077. Angka penjualan The Witcher 3 juga masih punya kemungkinan berakhir semakin tinggi, terutama dengan versi GOTY yang juga tengah disiapkan.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang sudah membeli dan jatuh hati dengan The Witcher 3 itu sendiri?

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *