Direct Release: Nokia berikan coverage 4G yang aman di hampir setiap lingkungan dengan Ultra Compact Network – jaringan dalam sebuah ransel

  • Ultra Compact Network Nokia – anggota terkecil dari keluarga solusi 4G yang kompak serta dapat digelar dengan cepat, yang dirancang untuk keamanan publik, penanggulangan bencana serta layanan jaringan business-critical dan selular
  • Diangkut dalam ransel atau kendaraan, atau diterbangkan oleh drone atau balon udara (cuaca), Ultra Compact Network dapat memberikan konektivitas pada acara-acara bertraffic tinggi, area-area terpencil atau dalam situasi darurat ketika jaringan makro mengalami gangguan pada situasi darurat
  • Memiliki coverage dan kapasitas tertinggi di industri berdasarkan ukuran serta beratnya
  • Digelar sebagai sebuah jaringan mandiri (stand-alone) atau dapat menjadi backhaul dari sebuah jaringan 4G yang ada

160530 nokia_ultra_compact_network

30 Mei 2016

Critical Communications World, Amsterdam, Belanda – Nokia telah meluncurkan sebuah jaringan 4G yang ringan dan ultra-kompak, seperti sebuah small cell, yang akan memberikan konektivitas broadband selular dalam hitungan menit untuk layanan-layanan mission- dan business-critical. Jaringan dapat menyediakan layanan suara, video serta data dalam berbagai situasi darurat, acara serta lokasi terpencil, serta berperan sebagai sebuah hotspot untuk berbagai organisasi keamanan publik, industri serta operator.

Setelah ‘Network in a Box’ yang merupakan pengembangan teknologi jejaring dengan jejak kaki rendah yang dipeloporinya tahun lalu, Nokia membawa konsep jaringan yang dapat digelar dengan cepat lebih jauh lagi dengan terciptanya ‘Ultra Compact Network’. Berdasarkan teknologi small cell, Ultra Compact Network memberikan coverage 4G dalam ruang dan luar ruang di manapun ia digelar dengan rentang 75 kilometer serta dapat mendukung hingga 400 pengguna. Jaringan ini juga dapat memberikan kapasitas serta coverage di area-area terpencil serta belum terlayani jaringan, dan dapat menggunakan teknologi kabel, satelit atau gelombang mikro untuk backhaul untuk ‘memperpanjang’ jaringan makro operator yang telah ada.

Ultra Compact Network memungkinkan unit-unit pertolongan pertama menggunakan layanan suara dan video serta juga layanan berbasis data lainnya dalam situasi darurat ketika jaringan selular mengalami gangguan. Ketika tidak terdapat akses jalan, Ultra Compact Network dapat dibawa di dalam sebuah ransel, atau diterbangkan dengan sebuah drone atau balon udara, sehingga dapat memberikan konektivitas vital untuk misi-misi pencarian dan penyelamatan atau membantu menanggulangi bencana seperti kebakaran hutan atau banjir di area-area luas.

Ketika digelar di lokasi industri terpencil, seperti pertambangan, pabrik-pabrik petrokimia dan pemboran minyak, Ultra Compact Network dapat memberikan komunikasi business-critical, sementara para operator selular dapat menggunakan teknologi ini untuk dengan cepat menjembatani kesenjangan coverage jaringan atau memberikan coverage dan kapasitas jaringan sementara di lokasi-lokasi atau acara-acara bertraffic tinggi seperti festival musik luar ruang.

Nokia akan menampilkan Ultra Compact Network di Critical Communications World di Hall 8, Rai, Amsterdam mulai dari 31 Mei hingga 2 Juni.

Click to Tweet: Nokia launches 4G network fitting in a backpack at #CCW2016; @EE trials technology for #publicsafety http://nokia.ly/1XBHhZO

Sekilas mengenai detil solusi:

  • Dikembangkan seputar keluarga Flexi Zone Small Cells Nokia, Ultra Compact Network siap untuk menggelar coverage dan konektivitas broadband selular untuk berbagai layanan mission-critical dan business-critical.
  • Dengan berat sekitar 5 kg serta membutuhkan power supply kurang dari 1 kW, jaringan ini dapat dengan mudah bekerja dengan inverter mobil atau generator portable kecil untuk mendukung hingga 400 pengguna aktif dengan rentang cell 75 kilometer.
  • Setelah diujicoba di lapangan dan diperkuat untuk penggunaan luar ruang, integrasi baterai DC eksternal memungkinkan Ultra Compact Network berfungsi sebagai jaringan portable untuk penggelaran luar ruang. Sebuah jaringan yang dapat digelar dengan cepat sama artinya dengan layanan suara, video dan data tersedia hanya beberapa menit setelah jaringan tiba di lokasi.
  • Jaringan inti LTE yang ditanamkan untuk fungsi-fungsi Evolved Packet Core menghapuskan kebutuhan akan perangkat tambahan ketika membangun sebuah jaringan broadband selular tertutup.
  • Keahlian Nokia Services memungkinkan kostumisasi demi terpenuhinya persyaratan-persyaratan spesifik.

Mansoor Hanif, Direktur RAN di EE, berkata: “EE mendapat kesempatan untuk mencoba inovasi terkini Nokia, yaitu Ultra Compact Network, di lingkungan dalam ruang dan luar ruang di bulan Mei 2016. Kami sangat terkesan dengan kemampuan sistem small cell yang ringan serta mudah digelar ini. Ini adalah solusi ideal untuk penanggulangan bencana dan coverage sementara untuk konsumen-konsumen sektor swasta maupun publik.”

Thorsten Robrecht, pimpinan Advanced Mobile Networks Solutions di Nokia, mengatakan: “Ultra Compact Network adalah tambahan menarik pada portfolio teknologi komunikasi mission-critical dan business-critical end-to-end Nokia. Kebutuhan akan solusi-solusi 4G yang dapat digelar dengan cepat terkait erat dengan lonjakan penggunaan data dan video dalam skenario keselamatan publik.”

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *