Drone Facebook Akan Bisa Salurkan Internet 20 Gbps

Salah satu raksasa Internet dunia, Facebook, baru mengumumkan keberhasilan mereka dalam uji coba transmisi Internet nirkabel kecepatan tinggi untuk jarak jauh. Facebook melaporkan data rate hingga 20 Gbps berhasil ditransmisikan dengan memanfaatkan sistem baru mereka, dengan basis milimeter wave. Sistem ini nantinya akan digunakan oleh drone Internet Facebook, Aquila.

facebook-milimeter-wave

 

Transmisi Data Wireless 20 Gbps Hingga Jarak 13.2 KM

Facebook menyebutkan bahwa mereka melakukan uji coba sistem ini di Southern California, California, AS. Untuk uji coba ini, Facebook membangun dua buah tower di dua lokasi berbeda yang terpisahkan jarak sekitar 13.2 km. Hasil dari uji coba ini sendiri menunjukkan keberhasilan transmisi data hingga data rate 20 Gbps di jarak jauh tersebut.

Transmisi data kecepatan tinggi itu dimungkinkan karena Facebook menggunakan milimeter wave di frekuensi 60 GHz – 90 GHz. Facebook menggunakan transmitter dengan parabola 60 cm dan receiver 1.2 m untuk uji coba ini. Untuk mendapatkan data rate tinggi hingga 20 Gbps, transmitter dan receiver harus berada di satu garis lurus dengan tingkat akurasi sangat tinggi. Akurasi ini merupakan tantangan tersendiri yang harus dipecahkan

Teknologi untuk Drone Internet

Teknologi transmisi data kecepatan tinggi untuk jarak jauh dengan milimeter wave ini nantinya akan digunakan untuk Aquila. Aquila sendiri seharusnya akan digunakan untuk mentransmisikan Internet ke daerah yang sulit dijangkau. Facebook sendiri menargetkan jarak transmisi bisa mencapai 30 – 50 km, dengan data rate mencapai 30 Gbps. Belum diketahui kapan mereka akan melakukan uji coba lanjutan untuk teknologi ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *