Facebook Ingin Hapus Link “Click Bait” di News Feed

Salah satu masalah besar yang dihadapi pengguna Facebook belakangan ini adalah link “clickbait” yang ternyata mengarah ke konten yang tidak sesuai. Pengguna seringkali terjebak link sejenis itu yang muncul di news feed mereka, dan justru membuka halaman yang tidak dikehendaki. Facebook menyadari hal tersebut dan akan menghadirkan filter untuk menanggulangi “clickbait” tersebut.

facebook-shutdown-full-week-hoax-2

Algoritma Baru untuk Filter “Clickbait”

Filter “clickbait” yang disiapkan Facebook kali ini diharapkan akan mengurangi jumlah link “clickbait” yang muncul di News Feed. Nantinya, user atau fanpage yang sering menampilkan status berisi “clickbait” akan mendapat rating rendah dari Facebook, sehingga status mereka akan makin jarang dilihat publik. Ini diharapkan memberikan efek jera dengan mengurangi kemungkinan link terbuka oleh pengguna.

Terkait penanggulangan “clickbait” ini, Facebook akan membuat algoritma baru untuk mendeteksi judul artikel yang dibagi oleh pengguna, baik di profil pribadi maupun fanpage. Bila judul sesuai dengan pola yang umum dilaporkan sebagai “clickbait” mereka akan menjalankan strategi di atas. Algoritma ini mirip dengan penanggulangan spam yang sudah ada selama ini.

Menurut Facebook, mereka ingin agar News Feed diisi oleh konten-konten “benar”, yang mana pengguna mereka akan menyukai konten tersebut. Saat ini, pengguna sudah mulai kesal dengan konten “clickbait”. Facebook segera bergerak untuk mengatasi hal itu dengan filter baru yang mereka siapkan ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *