Facebook Messenger Tawarkan Fitur Baru Berbasis Enkripsi End-to-End

Facebook Messenger Tawarkan Fitur Baru Berbasis Enkripsi End-to-End

WhatsApp yang merupakan penyedia aplikasi layanan messenger terkemuka di dunia, secara resmi sudah menerapkan sistem enkripsi end-to-end pada layanan yang ditawarkan, mulai dari fitur Voice call, video dan tentu saja chat, termasuk group chat. Seolah tak mau ketinggalan, Facebook yang juga memiliki layanan messenger terbesar di dunia, turut melakukan hal serupa dengan melakukan enkripsi end-to-end pada layanan messenger-nya.

Bagi para pengguna Facebook Messenger yang ingin berkomunikasi chat-nya aman, kini dapat menggunakan fitur baru yang dihadirkan oleh Facebook. Fitur baru yang disebut dengan Secret Conversation menawarkan sistem enkripsi end-to-end. Pihak Facebook mengatakan bahwa, fitur tersebut mampu menjamin keamanan komunikasi bagi mereka yang ingin melakukan percakapan dengan topik-topik yang sensitif melalui Facebook Messenger.

Saat ini, Facebook dilaporkan tengah melakukan pengembangan tahap berikutnya pada fitur tersebut. Contohnya seperti percakapan melalui aplikasi Facebook Messenger dengan memanfaatkan fitur Secret Conversation, percakapan tersebut tidak akan muncul pada saat Anda mengakses Facebook di PC. Selain itu, para pengguna juga dapat melakukan pengaturan untuk menghapus percakapan tersebut secara otomatis ke waktu yang sudah pengguna tentukan.

Sebagaimana berita yang kami sadur dari Neowin, fitur Secret Conversation ini hanya dapat digunakan pada satu perangkat, baik itu smartphone, tablet atau PC. Namun pihak Facebook mengatakan bahwa sistem enkripsi pada fitur ini tidak akan mendukung pada saat pengguna mengirim beberapa konten, seperti GIF dan video.

Bagi Anda yang ingin mencoba fitur baru pada Facebook Messenger ini tampaknya harus bersabar. Pasalnya, Facebook belum menyebarkan fitur barunya ini secara luas ke semua penggunanya. Namun fitur ini dilaporkan akan mulai bisa digunakan secara luas dalam beberapa bulan ke depan.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *