Facebook Mulai Lakukan Tracking Pada Non Pengguna Facebook

shutterstock_140953558

Pada Kamis lalu, Facebook telah mengumumkan strateginya untuk meningkatkan jaringan iklan online milik Facebook dengan menampilkan iklan web kepada pengguna yang tidak memiliki akun Facebook. Berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal, Facebook akan menggunakan cookies tombol ‘like’ dan plug-in yang terdapat di situs third party milik Facebook untuk melakukan tracking pengguna Facebook maupun non pengguna Facebook.

Pihak Facebook mengatakan bahwa mereka lebih baik menargetkan non pengguna Facebook dan menawarkan pengguna iklan yang relevan bagi pengguna, walaupun praktek ini dikritik dan ditolak oleh beberapa negara di Eropa karena isu privasi. Dengan strateginya barunya ini, Facebook meyakini dapat secara akurat menargetkan iklan kepada non pengguna Facebook dengan didukung data yang sudah diolah dari 1.7 milyar pengguna Facebook.

Facebook mengatakan bahwa data yang diolah dari penggunanya digunakan untuk mengenali perilaku dari non pengguna Facebook berdasarkan kemiripannya dengan pengguna Facebook. Saat ini Facebook mengklaim telah memiliki lebih banyak peluang dibanding dengan perusahaan lain mengenai iklan bertarget ini.

Sepertinya belakangan ini Facebook sedang mengembangkan bisnis iklannya, namun sepertinya bisnis iklan bertarget dari Facebook ini banyak sekali tersangkut isu-isu privasi di beberapa Negara seperti US, Kanada dan beberapa Negara di Eropa. Sebenarnya selain Facebook, berdasarkan laporan dari Princeton University, Google juga memiliki bisnis iklan bertarget dan telah mendominasi iklan bertarget yang ada di internet selain Facebook.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *