Facebook Perkenalkan OpenCellular

Media sosial terbesar dunia, Facebook, baru saja mengumumkan inisiatif terbaru mereka untuk membawa Internet ke tempat-tempat yang sulit dijangkau. Inisiatif baru ini hadir dalam wujud OpenCellular, framework untuk infrastruktur komunikasi yang bisa menghubungkan perangkat ke Internet. Framework ini diharapkan mempermudah penyedia layanan Internet untuk masuk ke daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau.

Facebook OpenCellular Platform

Salah satu desain awal access point OpenCellular

Facebook tampaknya lebih memposisikan OpenCellular ini untuk penyedia layanan Internet skala kecil. OpenCellular ini akan berisi set casing untuk perangkat radio yang sangat modular dan murah, yang bisa ditempatkan di daerah tanpa Internet untuk membagi Internet dalam beberapa jenis koneksi wireless. Facebook menyebutkan bahwa OpenCellular ini mendukung radio berbasis 2G, 3G, 4G, maupun WiFi.

OpenCellular juga memungkinkan biaya pemasangan jaringan yang lebih rendah karena casing untuk perangkat radio didesain agar bisa dipasang di mana saja, seperti tiang listrik atau pohon. Konsep modular dari perangkat yang mendukung OpenCellular ini juga memudahkan perluasan jaringan, atau konfigurasi ulang jaringan sesuai kebutuhan yang ada. Perangkat radio yang bisa digunakan pun nantinya akan datang dari berbagai perusahaan.

Selain itu, Facebook juga akan menawarkan software open-source untuk kebutuhan jaringan OpenCellular. Semua paket tersebut diharapkan membuat pihak-pihak yang tertarik membawa Internet ke wilayah yang belum terjangkau menjadi semakin mudah dalam melakukannya. Inisiatif ini sendiri seharusnya sudah mulai bisa digunakan dalam waktu dekat ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *