Fitur Baru Google Classroom Bikin Siswa Susah Nyontek

Telset.id, Jakarta – Google mengumumkan kehadiran beberapa fitur baru pada aplikasi Google Classroom. Fitur-fitur tersebut memberi keleluasaan bagi orang tua dan guru untuk mematikan akses ke aplikasi atau konten-konten tertentu ketika siswa sedang belajar.

Lewat fitur baru Google Classroom, ketika siswa sedang mengerjakan kuis dari guru menggunakan format dari Google, maka siswa tidak dapat menggunakan akses internet untuk mengunjungi situs tertentu guna mencari jawaban kuis.

Dilansir dari DigitalTrends, Selasa (26/06/2018), selain adanya fitur “anti mencontek”, pada Google Classroom juga terdapat pula fitur baru lainnya yang memungkinkan para orang tua untuk mengontrol dan membatasi akses anak ke aplikasi atau konten tertentu.

Baca Juga: Google Buka Kursus AR Gratis, Berminat?

Google Classroom sendiri hadir di perangkat Android dan iOS sejak 2015 silam. Aplikasi tersebut ditujukan untuk memberi pekerjaan rumah kepada siswa dan memudahkan para guru untuk tetap berhubungan anak didiknya.

Siswa bisa memasukkan tugas ke Google Classroom dari lokasi lain atau lingkungan di luar sekolah. Karena sudah terintegrasi ke Google Drive, Google Classroom diklaim sangat berguna bagi para pengajar.

Baca Juga: FamilyMode, Aplikasi Pemantau Akses Internet Anak

Google Classroom pun mampu membantu para pengajar untuk membuat dan mengumpulkan tugas tanpa kertas. Apalagi, di aplikasi itu ada fitur untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis untuk  setiap siswa, sampai memberikan nilai maupun umpan balik kepada anak didiknya. (SN/FHP)