Gigabyte Perkenalkan Dua Enclosure Graphic Eksternal Dengan Thunderbolt 3

Salah satu trend yang muncul di Computex 2016 adalah banyak produsen yang memperkenalkan solusi graphic dengan menggunakan enclosure external untuk VGA card. Solusi ini adalah salah satu impian dari banyak pengguna yang memiliki perangkat yang tidak memiliki kemampuan untuk meng-upgrade graphic card, seperti laptop dan mini PC. Kehadiran perangkat ini juga dimungkinkan dengan diperkenalkannya Thunderbolt 3 oleh Intel.

Dengan menggunakan teknologi ini, laptop atau mini pc mempunyai jalur data yang cukup besar untuk berkomunikasi dengan perangkat lain seperti graphic card. Sebetulnya solusi GPU eksternal ini telah mulai muncul ke pasaran sejak tahun lalu, tetapi pada saat itu masing-masing produsen masih menggunakan teknologi hasil pengembangan pribadi sehingga susah di adaptasi oleh industri secara keseluruhan. Dengan standard Thunderbolt 3 dari Intel, produsen laptop dan mini pc akan lebih mudah mengadaptasi teknologi tersebut karena telah menggunakan standard terbuka dan multi fungsi karena bisa digunakan  bukan hanya untuk solusi eksternal graphic card, tetapi juga untuk solusi storage, networking atau bahkan display.

GPU_ExternalEnclosure

Gigabyte juga telah mengembangkan solusi eksternal graphic card. Perangkat yang satu ini dipasangkan dengan seri mini PC milik mereka, yaitu BRIX. Dengan device ini BRIX akan mempunyai kemampuan untuk menambahkan kemampuan memproses grafis yang sangat dibutuhkan untuk bermain game. Device yang berukuran cukup besar ini mampu memuat graphic card yang cukup panjang. Enclosure eksternal graphic ini juga telah kami bahas di artikel mengenai Gigabyte membuat device Thunderbolt 3 mereka sendiri.

GPU_ExternalEnclosure_Silverstone

Untuk body enclosure ini, Gigabyte bekerja sama dengan salah satu produsen casing terkemuka Silverstone. Bentuknya cukup kokoh dan elegan. Terlihat sekali ciri khas dari casing buatan Silverstone, dimana mengusung finishing metal dengan design estetis yang cukup sederhana.

GPU_Enclosure1

Ternyata Gigabyte tidak hanya mempunyai satu perangkat untuk solusi eksternal ini. Kami menemukan enclosure dengan design yang berbeda di booth Gigabyte. Berbeda dengan produk sebelumnya, perangkat yang satu ini lebih terlihat fungsional. Kami menebak ini adalah solusi yang lebih murah dari enclosure diatas.

GPU_Enclosure2

Kesan fungsional terlihat sekali jika kita melihat maraknya lubang ventilasi dari produk ini. Dari lubang-lubang tersebut terlihatlah sebuah graphic card terpasang didalamnya. Untuk menyalakan VGA tersebut terlihat sebuah power supply sfx terpasang didalam enclosure tersebut. Enclosure yang kedua ini memang terlihat tidak semanis produk sebelumnya, tetapi secara fungsi dipastikan akan berjalan sama baiknya.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *