Google ambil alih penyedia GIF Tenor

Jakarta (ANTARA News) – Google mengumumkan pengambilalihan penyedia GIF Tenor untuk memudahkan pencarian GIF sebagai bagian dari respons terhadap perubahan cara orang menggunakan Google Images seiring dengan evolusi web dan perangkat seluler.

“Ketika kami memulai Google Images, kami fokus untuk memudahkan pencarian foto dan gambar dari seluruh web. Tapi evolusi web dan perangkat seluler telah mengubah cara orang mencari, cara orang menggunakan Google Images berubah pula,” demikian pernyataan Cathy Edwards, Director of Engineering Google Images, di blog resmi Google pada 27 Maret.

“Kebanyakan orang sekarang menggunakan Google Images untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang suatu topik, dan untuk membantu mereka berkomunikasi dan mengekspresikan diri, kami melihat jutaan pencarian GIF setiap hari.”

Google Images, ia melanjutkan, melakukan pengembangan untuk memenuhi kedua kebutuhan itu dengan mengakuisisi Tenor, platform GIF untuk Android, iOS, dan desktop.

Dengan banyaknya koleksi konten yang dimiliki, Tenor dinilai dapat memunculkan GIF yang tepat sehingga pengguna dapat menemukan GIF yang sesuai dengan suasana hati mereka.

“Tenor akan membantu kami melakukan hal ini dengan lebih efektif di Google Images serta produk lain yang menggunakan GIF, seperti Gboard,” kata Google.

Tenor akan terus beroperasi sebagai merek terpisah. Google berencana berinvestasi dalam hal teknologi serta bekerja sama dengan mitra dalam hal konten dan antarmuka pemograman aplikasi.
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018