Google Translate offline kini lebih pintar

Sumber
Source: technobugg

Google baru saja menggelontorkan pembaruan yang memungkinkan Anda mendapatkan hasil terjemahan yang lebih akurat meski ketika tidak memiliki ekses akses koneksi internet. Dilansir dari Cnet (12/6), sekitar dua tahun lalu Google mengenalkan teknologi Neural Machine Translation (NMT), yang meningkatkan ketepatan penerjemahan. Teknologi tersebut kini akan tersedia secara offline, dan akan berjalan di aplikasi Google Translate pada perangkat Android dan iOS.

Sistem Artificial Intelligence (AI) tersebut menerjemahkan kalimat secara keseluruhan, ketimbang per kata, dan mempertimbangkan konteks yang lebih luas untuk mencari padanan kata yang paling relevan. Google menjalaskan bahwa hal tersebut menjadikan terjemahan paragraf dan artikel lebih mulus.

Fitur offline dapat digunakan jika Anda sedang berwisata ke luar negeri, tidak memiliki akses internet, atau tidak ingin menggunakan paket data. Setiap bahasa memiliki kapasitas antara 35 MB dan 45 MB, jadi mengunduhnya tidak akan terlalu menghabiskan banyak ruang pada smartphone.

Anda dapat mengakses terjemahan offline NMT dengan pergi ke pengaturan offline translation di aplikasi Translate, dan menekan tanda panah di samping bahasa untuk mengunduhnya. Jika sebelumnya Anda telah menggunakan terjemahan secara offline, akan ada pemberitahuan di home screen yang mengarahkan Anda untuk mengunduh file baru.

Google menginformasikan, pembaruan tersebut akan hadir dalam 59 bahasa dalam beberapa hari.

Pada bulan April lalu, Microsoft juga meluncurkan pembaruan pada aplikasi Microsoft mereka yang memberikan pengguna akses ke terjemahan Neural Machine Language ketika mereka sedang dalam kondisi offline dengan cara mengunduh paket bahasa.