Google Umumkan “End of Life” Produk Nexus

Produk dari lini Nexus dari Google selama ini disebut sebagai produk yang cepat mendapatkan update untuk versi sistem operasi Android baru yang muncul. Hanya saja, banyak yang masih bingung hingga berapa lama suatu perangkat akan mendapatkan update. Walaupun Google sudah memberikan pernyataan terkait berapa lama “masa dukungan” Nexus, masih banyak yang belum tahu akan hal tersebut, dan Google kini berusaha mengatasinya dengan mempublikasikan kapan “end of life” untuk produk-produk Nexus.

Google Umumkan “End of Life” Produk Nexus

Informasi EOL tersebut ditampilkan Google di salah satu halaman FAQ untuk Nexus. Google secara tegas menuliskan waktu di mana perangkat Nexus tertentu tidak lagi mendapatkan update ke versi Android terbaru setelah waktu tersebut terlewati, atau dengan kata lain end of life dari produk tersebut. Berikut ini adalah end of life dari produk Nexus yang disebutkan Google:

Nexus 6P September 2017
Nexus 5X September 2017
Nexus 9 October 2016
Nexus 6 October 2016
Nexus 5 October 2015
Nexus 7 (2013) July 2015
Nexus 10 November 2014

Setelah bulan yang dituliskan Google di tablet di atas berlalu, perangkat Nexus hanya akan mendapatkan security update, setidaknya hingga setahun dari bulan tersebut, atau 18 bulan dari terakhir kali produk yang bersangkutan dijual di Google Store.

Produk Nexus memang dijanjikan oleh Google akan mendapatkan update selama dua tahun dari tanggal rilisnya. Tabel di atas memang menunjukkan waktu end of life dua tahun dari tanggal perilisan. Bila Nexus mendapatkan update selama dua tahun, produk lain yang juga didukung penuh oleh Google, Android One, memiliki periode update yang lebih singkat, yaitu 18 bulan. Namun, untuk Android One, Google menjamin bahwa perangkat-perangkat tersebut akan mendapatkan satu kali update besar di “masa hidupnya”.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *