IDC: Pengiriman Smartphone Indonesia Meningkat 3%

IDC: Pengiriman Smartphone Indonesia Meningkat 3%

Berdasarkan hasil laporan dari IDC, jumlah pengiriman smartphone di pasar Indonesia tercatat meningkat sebesar 3% tahun ini dan meningkat 22% di kuartal kedua tahun 2016. IDC mengklaim bahwa peningkatan pengiriman ini dikarenakan musim lebaran yang membuat vendor meningkatkan suplai produk untuk menghadapi lonjakan permintaan.

Menurut data dari IDC, Samsung menjadi vendor smartphone yang mendominasi pangsa pasar smartphone di Indonesia dengan prosentase 26% di kuartal kedua tahun ini. Di posisi kedua terdapat Oppo dengan pangsa pasar sebesar 19%, di posisi ketiga terdapat Asus dengan pangsa pasar sebesar 9%, di posisi keempat terdapat Advan dengan pangsa pasar 8% dan terakhir Lenovo dengan pangsa pasar 6%.

Analis Pasar Senior dari Client Devices, Reza Haryo, mengatakan bahwa Samsung dan Oppo merupakan vendor yang sangat aktif sekali mempromosikan produknya di pasar Indonesia. Oppo juga telah berhasil meningkatkan dampak promosinya dengan menggandeng seorang brand ambassador dari salah satu artis terkenal di Indonesia.

Selain itu IDC juga mengatakan bahwa pengiriman perangkat 4G saat ini telah meningkat tajam sebesar 37% di kuartal kedua tahun ini dan membuat pengiriman smartphone meningkat sebesar 58%. Sementara itu, pengiriman smartphone via operator jaringan juga meningkat sebesar 166% pada kuartal kedua tahun ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *