Intel Lepas Fokus dari Android

Raksasa chip dunia, Intel, tampaknya benar-benar ingin mengakhiri petualangan mereka di dunia Android. Perusahaan tersebut baru saja mengumumkan bahwa mereka tidak lagi fokus pada sistem operasi milik Google tersebut, terutama yang terkait dengan smartphone. Bisa jadi, sebagai imbas dari pernyataan Intel ini, pengembangan Android x86 akan melambat.

Intel - Android

Intel memang sudah terlebih dahulu menyatakan bahwa mereka tidak lagi memproduksi chip Atom untuk smartphone. Tanpa adanya perangkat dengan basis Atom, tentu saja Android x86 menjadi kurang dibutuhkan, karena produsen chip lain umumnya menggunakan basis ARM di chip mereka untuk perangkat Android. Hal ini juga akan membuat perangkat Android berbasis Atom tidak akan lagi mendapatkan update ke versi baru OS tersebut.

Sebagai ganti Android, Intel tampaknya akan melirik sistem operasi lain yang juga berada di tangan Google, Chrome OS. Intel menyatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Google dalam mengembangkan perangkat dengan sistem operasi itu. Intel juga menyebutkan bahwa kerja sama dengan Google juga akan hadir dalam wujud pengembangan perangkat IoT.

Terkait kurang berhasilnya mereka di smartphone, termasuk di Android, hal itu bisa jadi disebabkan karena Intel bisa dikatakan terlambat masuk ke pasar tersebut. Mereka baru mulai fokus mengembangkan chip untuk smartphone tahun 2011 lalu, sementara pesaing mereka kebanyakan sudah jauh lebih lama menaruh fokus di smartphone. Mungkin saja, langkah Intel meninggalkan smartphone dan Android ini adalah hal yang memang harus mereka lakukan agar fokus mereka di bidang lain tidak terganggu.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *