iPhone Siap Gunakan Layar OLED Buatan Sharp

iphone 7 layar selimut

iphone 7 layar selimut

iPhone dikabarkan siap merilis tiga smartphone pada tahun depan, bertepatan dengan ulang tahun ke-10 iPhone. Satu varian yang paling diandalkan akan mengusung layar lengkung OLED berukuran 5,5 inci, sedangkan dua varian lainnya masih menggunakan layar LTPS (low-temperature poly-silicon) atau LCD seperti yang umum dipakai sekarang.

Kabar tersebut dirilis oleh surat kabar Jepang, Nikkei Asian Review. Sedangkan rencana Apple untuk mengganti layar LCD dengan OLED telah dikonfirmasi oleh Tai Jeng-wu (President, Sharp). Sharp merupakan salah satu produsen layar smartphone terbesar di dunia dan saat ini dimiliki oleh Foxconn, pabrik pembuat iPhone.

Dalam pidatonya di Tatung University, Tai menyatakan, “iPhone telah berevolusi dan sekarang berganti dari layar LTPS ke OLED. Kita belum tahu apakah iPhone dengan layar OLED akan laris, tapi jika Apple tidak melakukan perubahan, tidak akan ada inovasi.”

Inovasi adalah hal yang dibutuhkan Apple saat ini, mengingat penjualan iPhone terus mengalami penurunan karena dianggap kurang inovatif.

Tapu, dengan menggunakan layar OLED saja, Apple sebetulnya sudah ketinggalan dibandingkan Samsung yang sudah lebih dulu menyematkan layar OLED pada produk Samsung Galaxy S7 Edge dan Note 7.

Untuk menyuplai layar OLED kepada Apple, Sharp bahkan bersedia membangun pabrik baru di Jepang dan tidak menutup kemungkinan di Amerika Serikat. “Kami sedang membangun pabrik OLED di Jepang. Jika pelanggan utama kami [Apple. red] meminta kami untuk memproduksinya di AS, apakah mungkin kami menolaknya?”

Apa saja kelebihan layar OLED dibanding LCD? Diketahui bahwa layar OLED menawarkan kontras warna yang lebih tajam, konsumsi energi yang lebih rendah, serta yang terpenting: lebih fleksibel sehingga bisa ditekuk dan dilengkungkan, seperti halnya sisi-sisi melengkung pada Galaxy S7 Edge.

Samsung sendiri sempat diberitakan bakal memasok ratusan juta unit layar OLED buatan mereka kepada Apple dalam beberapa tahun ke depan. Tapi, sepertinya dengan persaingan bisnis yang kian ketat antara kedua pihak, Apple lebih memilih pabrikan layar lainnya, yaitu Sharp.

InfoKomputer Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *