Kailh Akan Hadirkan Switch Keyboard Mekanikal Modular

Kaihua, perusahaan asal China yang dikenal sebagai produsen switch keyboard mekanikal Kailh, dilaporkan akan menghadirkan inisiatif baru. Inisiatif itu hadir dalam bentuk switch mekanikal modular, yang bisa dengan mudah dilepas-pasang ke baseboard sebuah keyboard. Pengguna akan bisa mengganti switch di keyboard sesuai dengan kebutuhan mereka.

kailh-modular-switch-1

Sumber gambar: Tom’s Hardware

Sejauh ini, tawaran “modular” untuk keyboard mekanikal lebih mengarah ke kemudahan melepas keycap dan menggantinya dengan desain lain. Namun, untuk konsep modular yang coba ditawarkan oleh Kaihua, switch secara keseluruhan bisa dilepas, sehingga memungkinkan pengguna menggantinya dengan switch lain. Ini tentunya akan memberi nilai lebih, terutama bagi kalangan tertentu yang mungkin butuh switch jenis tertentu untuk kelompok tombol tertentu di keyboard.

Nantinya, bisa jadi tidak semua tombol di suatu keyboard akan dilengkapi dengan switch modular. Bisa jadi, hanya tombol-tombol tertentu saja yang menggunakan switch modular, sementara tombol-tombol lain tetap menggunakan switch biasa. Hal ini disebabkan karena rumitnya proses produksi untuk keyboard full modular, yang bisa berimbas pada melambungnya harga keyboard.

Untuk tahap awal, Kaihua disebut akan menghadirkan tiga jenis switch mereka dengan desain modular. Ketiga switch tersebut adalah Red, Brown, dan Blue, jenis yang memang umum digunakan di keyboard yang ada saat ini. Disebutkan juga bahwa sudah ada produsen keyboard yang ingin menggunakan switch modular ini di produk mereka.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *