Klarifikasi dari AMD Mengenai Radeon RX480 PCIe Power Draw

Mungkin Anda sudah mendengar beberapa hari ini, bahwa ada isu dimana Radeon RX480 mengakibatkan excessive power draw dari PCIe slot, mengkonsumsi daya lebih banyak dari standar PCIe slot yang 75W, dan ini sudah diuji oleh beberapa tester di luar sana.

Belum jelas apa akibat langsung dari ekstra power draw tersebut, karena selama ini ada juga VGA yang memakan daya sedikit lebih banyak dari standar PCIe, namun jarang ada report kerusakan PCIe yang dipastikan penyebabnya dari konsumsi daya VGA yang berlebihan (ini wajar karena produsen motherboard pastinya punya batas toleransi dari spesifikasi PCIe tersebut). Banyak yang berspekulasi kelebihan PCIe power draw ini bisa mengakibatkan sistem tidak stabil, dan pada kasus terburuk, kematian motherboardnya.

(sumber: Reddit)

Sayangnya, banyak yang terlanjur panik mendengar ini sehingga tersebarlah gosip-gosip yang cukup fantastis seperti :

  • “Penggunaan RX480 bisa merusak motherboard, bahkan kalau RX480-nya diOC, bisa mengakibatkan motherboardnya terbakar”.
  • “Kalau motherboard-nya low-end akan mati/shutdown saat pakai RX480”

Menanggapi hal ini, pihak AMD memberikan komentar sebagai berikut:

As you know, we continuously tune our GPUs in order to maximize their performance within their given power envelopes and the speed of the memory interface, which in this case is an unprecedented 8Gbps for GDDR5.

Recently, we identified select scenarios where the tuning of some RX 480 boards was not optimal. Fortunately, we can adjust the GPUs tuning via software in order to resolve this issue. We are already testing a driver that implements a fix, and we will provide an update to the community on our progress on Tuesday (July 5, 2016).”

Singkatnya, AMD menyadari bahwa ada tuning bagi RX480 mereka yang belum optimal di beberapa skenario testing. Dan AMD sedang menyiapkan sebuah perbaikan dalam software/drive untuk memperbaiki hal ini, dan akan memberi update lebih lanjut.

Belum dijelaskan dengan cara apa AMD mengatasi masalah PCIe power draw, namun kami berharap bahwa AMD bisa melakukan tuning pada beberapa microcontroller di dalam VGA tersebut untuk mengurangi asupan daya dari PCIe slot.

Sembari menunggu penjelasan terkait cara AMD mengatasi masalah tersebut, kami juga sempat melakukan pengujian dampak apa yang bisa dihasilkan oleh PCIe Power Draw ini di motherboard. Hasil sementara uji singkat itu bisa dilihat di sini: Uji Singkat: PCIe Power Draw Radeon RX480 di Motherboard Murah

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *