LG G Watch Tidak Akan Dapatkan Android Wear 2.0

Smartwatch yang tidak mendapatkan update Android Wear 2.0 kembali bertambah. Beberapa hari lalu, Lenovo/Motorola menyebutkan bahwa versi awal dari smartwatch mereka, Moto 360, tidak akan mendapatkan update ke Android Wear 2.0. Kini giliran perwakilan LG yang menyatakan bahwa LG G Watch, smartwatch generasi pertama mereka, tidak akan mendapatkan update tersebut.

LG G Watch Tidak Akan Dapatkan Android Wear 2.0

Pernyataan tersebut diberikan oleh perwakilan LG di Twitter milik LG USA Mobile. Ketika menjawab pertanyaan pengguna terkait apakah LG G Watch (W100) akan mendapatkan Android Wear 2.0, perwakilan LG menyebutkan bahwa perangkat tersebut tidak termasuk ke dalam daftar perangkat yang akan mendapatkan update. Selain itu, perwakilan LG juga menyebutkan bahwa perangkat tersebut masuk dalam kategori “discontinued”, atau tidak dipasarkan resmi lagi oleh LG.

Melihat apa yang terjadi belakangan ini, terhadap Moto 360 dan G Watch, bisa jadi beberapa produk Android Wear generasi pertama lain akan mendapatkan nasib serupa. Pengguna Android Wear generasi pertama, termasuk Moto 360, G Watch, Asus Zenwatch, dan Samsung Gear Live tampaknya harus puas hanya menggunakan Android Wear berbasis “Marshmallow”.

Sayangnya, belum ada penjelasan lengkap mengenai apa alasan Lenovo/Motorola dan LG menghentikan pengembangan software baru untuk smartwatch Android Wear generasi pertama besutan mereka. Hadirnya produk dari generasi yang lebih baru tentu saja menjadi salah satu alasan. Namun, tidak tertutup juga terdapat alasan kompatibilitas antara Android Wear 2.0 dengan perangkat Android Wear generasi pertama yang mungkin saja menghambat hadirnya update tersebut. Bila alasan pertama yang menjadi latar belakang tidak hadirnya update, tentu saja akan banyak pengguna yang kesal terhadap keputusan ini. Namun, bila alasan kedua yang menjadi penyebab, tampaknya pengguna mau tidak mau harus menerimanya.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *