Lima Fakta Soal WhatsApp Gold, Si Maling Data Pribadi

Sumber

VIVA – Pengguna WhatsApp di Indonesia memang sudah cukup familiar dengan WhatsApp Gold. Aplikasi yang disebut-sebut sebagai upgrade dari WhatsApp biasa itu sudah cukup banyak diunduh oleh pengguna di Indonesia.

Namun siapa sangka, WhatsApp Gold justru berbahaya, walaupun fitur yang dimilikinya lebih bagus ketimbang WhatsApp biasa. Termasuk dengan pemilihan warna gold yang membuat pengguna WhatsApp kepincut.

Nah, kamu setidaknya harus tahu, beberapa fakta yang ada di WhatsApp Gold.

1. Nama sebenarnya WhatsApp Plus
Aplikasi ini beredar cukup luas karena dibagikan oleh para pengguna WhatsApp. Awalnya, nama WhatsApp palsu ini adalah WhatsApp Plus. Namun karena warna aplikasinya kuning emas maka orang lebih mengenalnya sebagai WhatsApp Gold. Kemunculannya dimulai sejak 2014-2015 lalu.

2. Tidak ada di PlayStore atau AppStore
WhatsApp Gold tidak akan ditemui di toko aplikasi, baik android maupun iOS. Distribusinya adalah melalui broadcast message, dengan basis file .apk. Sirkulasinya menggunakan jalur web. Jadi seharusnya pengguna sudah sadar jika aplikasi ini patut dicurigai.

3. Berisi software berbahaya
Belakangan diketahui jika aplikasi WhatsApp Gold atau Plus ini mengandung sebuah software yang cukup berbahaya bagi penggunanya. Software berbahaya itu merupakan varian dari Android/PUP.Riskware.Wtaspin.GB.

4. Maling data pribadi
Software berbahaya itu ternyata bisa mengambil semua informasi dan data pribadi yang ada di smartphone. Bahkan software tersebut sulit untuk dihilangkan dan akan menjadi malware yang menetap. Bisa sewaktu-waktu bangkit kembali.

5. Punya fitur lebih keren dari WhatsApp
Kabarnya, WhatsApp Gold punya fitur lebih keren dari WhatsApp resmi. Gold bisa mengirim lebih dari 100 foto sekali waktu, bisa menyembunyikan notifikasi, password rahasia untuk menjamin privasi, bahkan bisa menyembunyikan status ‘typing message’, dan banyak lagi lainnya.

Sekarang Anda sudah harus waspada dengan Gold ini. Saat pengguna mencoba untuk menggunakannya, akan terlihat bahwa aplikasi sudah kadaluarsa dan harus install versi terbarunya. Link instal versi baru akan direct pada Watts Plus Plus WhatsApp dan pada situs itu semua akan tertulis dengan huruf arab. (mus)