Makin Banyak Produsen Smartphone Buang Audio Jack 3.5 mm?

Hingga saat ini, sangat sedikit sekali smartphone yang hadir tanpa mengusung konektor audio 3.5 mm. Namun, belakangan ini, mulai bermunculan smartphone flagship yang ternyata hadir tanpa konektor tersebut, termasuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari Apple, serta Moto Z dan Moto Z Force dari Lenovo. Ini mungkin saja bisa jadi indikasi bahwa konektor tersebut mulai dianggap kurang penting oleh produsen smartphone, dan ke depannya, bisa saja hal itu semakin banyak dilakukan oleh produsen smartphone karena USB-IF baru saja memperkenalkan standar audio digital melalui USB Type C.

Makin Banyak Produsen Smartphone Buang Audio Jack 3.5 mm?

USB Audio Device Class 3.0

Standar baru yang disebut USB Audio Device Class 3.0 diperkenalkan oleh organisasi yang ada di balik pengembangan standar terkait USB tersebut. Standar ini mengatur bagaimana suatu produk audio terhubung ke perangkat melalui USB Type C. Munculnya standar ini akan memudahkan produsen aksesori untuk memproduksi perangkat audio dengan USB Type C yang kompatibel dengan berbagai smartphone yang ada.

Smartphone Tanpa Audio Jack 3.5 mm

Satu “efek samping” yang mungkin terjadi dengan hadirnya standar USB Audio Device Class 3.0 ini adalah produsen akan mulai memanfaatkan USB Type C, yang sudah semakin banyak diadopsi di smartphone, sebagai interface audio utama, baik melalui headset khusus dengan USB Type C atau konverter ke audio 3.5 mm. Bisa jadi, ini akan membuat audio jack 3.5 mm mulai ditinggalkan. Mari kita lihat saja bagaimana pada produsen smartphone menyikapi hadirnya standar baru ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *