Microsoft Akuisisi LinkedIn

Media sosial untuk kalangan profesional, LinkedIn, dikabarkan akan menjadi bagian dari Microsoft. Raksasa software asal Redmond, Washington tersebut menyebutkan akan segera melakukan akuisisi tersebut dengan mengeluarkan dana $ 26.2 miliar! Angka tersebut merupakan angka yang sangat besar, transaksi pembelian terbesar dalam sejarah Microsoft, bahkan lebih besar dari yang harus mereka keluarkan untuk akuisisi Nokia dan Skype.

MS-Linkedin-2016-06-12-1-ed

CEO Microsoft, Satya Nadella (tengah), bersama dua petinggi LinkedIn. Sumber: Microsoft.

Kesepakatan antara Microsoft dan LinkedIn ini tampaknya dilatarbelakangi oleh pandangan Microsoft bahwa media sosial untuk kalangan profesional tersebut makin meningkat penggunaannya dalam beberapa waktu terakhir ini. Bahkan, bisa dikatakan perkembangan media sosial tersebut cukup pesat. Microsoft melihat bahwa akuisisi LinkedIn akan bisa mendorong perkembangan produk keduanya dan juga penetrasi ke pasar.

Masih terkait kesepakatan ini, Microsoft menjanjikan bahwa mereka akan banyak ikut campur dalam bisnis LinkedIn. Jeff Weiner, CEO LinkedIn, akan tetap memegang posisinya, dan akan berhubungan langsung dengan CEO Microsoft, Satya Nadella, dalam keseharian perusahaan. Transaksi akuisisi LinkedIn ini sendiri diperkirakan akan selesai sebelum akhir tahun 2016 ini.

Akuisisi LinkedIn oleh Microsoft ini bisa dikatakan sebagai suatu hal yang mengejutkan. Hingga kesepakatan diumumkan, sejauh ini belum ada kabar angin yang mengindikasikan ketertarikan Microsoft terhadap media sosial untuk kalangan profesional tersebut. Terlebih lagi, Microsoft harus mengeluarkan dana yang sangat besar untuk akuisisi ini. Mari kita lihat saja apa rencana Microsoft terkait akuisisi LinkedIn ini.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *