Microsoft Hadirkan Tool untuk Bersihkan “Bloatware” di Windows 10

Banyaknya program yang dianggap “sampah” yang dibawa oleh berbagai produk yang dipasarkan dengan Windows 10 membuat Microsoft merasa mereka perlu membantu pengguna memeranginya. Berdasarkan informasi terbaru yang beredar, Microsoft menghadirkan sebuah tool yang disebut sebagai “Refresh Windows”. Tool ini akan membantu pengguna mendapatkan versi Windows 10 yang bersih di perangkat yang mereka beli.

windows-10-new1-520x245

Tool “Refresh Windows” ini pada dasarnya akan melakukan download file instalasi Windows 10 baru, dan meng-install-nya di komputer yang digunakan. Hal ini akan membuat pengguna mendapatkan Windows 10 yang bebas dari aplikasi-aplikasi yang biasanya telah disertakan oleh produsen perangkat, yang bisa jadi tidak dibutuhkan pengguna, tetapi membuat lambat sistem karena berjalan secara otomatis saat komputer dinyalakan. Hanya saja, berbeda dengan instalasi Windows 10 baru secara manual, pengguna akan tetap mendapatkan lisensi Windows 10 bawaan perangkat tanpa perlu melakukan aktivasi ulang secara manual.

Pengguna bisa memilih untuk menyelamatkan beberapa file mereka di Documents, Pictures, dan folder-folder standar bawaan Windows 10, atau menghapus seluruh data yang ada. Sementara untuk aplikasi non-Microsoft, pengguna harus melakukan instalasi ulang secara manual. Driver juga akan terhapus, sehingga pengguna harus melakukan instalasi ulang atau memasangnya secara otomatis melalui Windows Update.

Saat ini, tool ini baru tersedia dalam versi “preview” untuk Windows Insider saja, dan bisa digunakan mulai dari build 14342 yang dirilis bulan Mei 2016 lalu. Microsoft menyebutkan bahwa dalam versi ini, bisa jadi beberapa hal masih belum sempurna, dan bisa saja pengguna akan kehilangan hak atas beberapa aplikasi berbayar yang telah install sebelumnya di perangkat mereka. Tool ini bisa jadi baru akan tersedia untuk publik dalam beberapa bulan mendatang.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *