Microsoft Sebut Pasar Smartphone Inspirasi Scorpio

xbox one logo

Pertarungan konsol generasi saat ini, terutama Playstation 4 dan Xbox One memang terhitung unik dan berbeda dengan generasi sebelumnya. Alih-alih sekedar menawarkan varian lebih kecil atau lebih ringan, sebuah iterasi konsol dengan performa lebih kuat siap memenuhi pasar gaming di masa depan. Playstation 4 sendiri punya PS4 Neo namun belum diumumkan hingga saat ini sementara Microsoft sudah bersiap dengan Project Scorpio yang menjanjikan pengalaman gaming mulus di resolusi 4K. Lantas, apa yang membuat kebijakan ini tiba-tiba muncul? Menurut Microsoft, Project Scorpio hanyalah sebuah respon dari sebuah tren yang memang ada di industri game saat ini. Sesuatu yang dimulai oleh perangkat ponsel pintar.

Hal ini diungkapkan oleh engineer Microsoft – Mike Ybarra dalam wawancara terbarunya dengan situs The Guardian. Ybarra mengaku bahwa Project Scorpio sebenarnya merupakan hasil inspirasi yang “dibaca” Microsoft dari model bisnis smartphone. Di pasar ponsel, ia melihat user selalu terbuka pada opsi untuk naik kelas ke produk yang lebih cepat dengan teknologi terbaru. Sementara di sisi lain, setiap aplikasi yang muncul juga harus bisa digunakan di varian manapun. Melihat tren seperti ini, Microsoft ingin mencapai hal yang sama dengan Project Scorpio.

Microsoft mengaku bahwa pendekatan Project Scorpio terinspirasi oleh model bisnis smartphone.
Microsoft mengaku bahwa pendekatan Project Scorpio terinspirasi oleh model bisnis smartphone.

Project Scorpio sendiri sudah diperkenalkan di ajang E3 2016 kemarin, namun belum punya tanggal rilis pasti sama sekali hingga saat ini. Ia disebut-sebut akan mampu menawarkan game-game terbaru di resolusi lebih tinggi, framerate lebih baik, hingga kualitas visualisasi yang lebih mumpuni.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah Anda tetap akan bertahan dengan konsol jika rilis teknologinya mulai mengikuti pasar mobile?

Source: GameSpot

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *