Olli: Shuttle Bus dengan Super Komputer

Local Motors  atau pabrikan yang biasa dikenal luas sebagai pabrikan mobil yang menggunalkan 3D printer akhirnya merilis mobil shuttle pintar yang diberi nama Olli. Berbeda dengan mobil pintar yang kita kenal pada umumnya, Olli dikontrol oleh sebuah super komputer canggih yang lama sudah dikenal yaitu IBM Watson.

oLLI 3
Sesuai degan trend masyarakat saat ini, Olli didesain sebagai transportasi praktis dan cepat layaknya transportasi pesanan online yang kita kenal. Mobil transportasi pintar ini juga mudah diproduksi dalam waktu singkat di pabrik mungil dengan bantuan 3D printer. Untuk mesinnya sendiri, Olli ditenagai oleh mesin electric bertipe Emrax 228 High Voltage yang mampu menghasilkan daya sebesar 30KW dan maksimum torsi sebesar 125Nm. Dengan mesin tersebut Olli dapat melesat dengan kecepatan 20 km/jam dengan mengangkut 12 orang penumpang

OLLI 1

Seperti yang disebutkan sebelumnya mobil pengangkut penumpang mungil ini dikontrol super komputer canggih dari pabrikan IBM yang dikenal dengan nama Watson. Tak heran Olli mengadopsi banyak sensor canggih seperti lidar, radar, dan juga kamera optical. Seperti kita ketahui IBM Indonesia belum lama ini membahas cognitive computing tersebut sebagai system computing andalan masa depan, di mana system tersebut bisa membantu pengambil keputusan pada industri bisnis serta analisis data yang cepat dan akurat. IBM Watson sendiri bisa dibilang unik karena komputer canggih ini mempunyai kemampuan beradaptasi dan belajar dari apa yang ada disekitarnya. Sehingga nantinya tak heran Watson akan dapat berbicara dan dapat merekomendasikan tempat-tempat menarik selama perjalanan. Penggunaan bahasa sehari-hari sebagai komunikasi akan melebur batasan antara mesin dan manusia yang selama ini ada, maka perpaduan komputer canggih berbasis cognitive computing dan transportasi canggih ini menjadikan Olli menjadi sebuah solusi masa depan yang tentunya banyak dinantikan pengguna yang kini trend-nya kian mobile.

Sementara Harriet Green yang mewakili  IBM berkomentar, “Cognitive computing dapat menghasilkan banyak kesempatan dan kemungkinan berbagai pola yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Dengan kemampuan canggih Watson yang dapat melakukan analisa jutaan data dalam waktu singkat yang terkoneksi satu sama lain dalam IoT termasuk sensor yang ada dalam Olli, tentunya berbagai pengalaman baru nantinya dapat dirasakan pengguna“.

Untuk perangkat ini IBM Watson IoT Lab dan Local Motors juga secara khusus melatih Watson untuk bisa lebih bisa terintegrasi dengan keinginan penumpang yang ada melalui API Speech to text, Natural classifier , Entity Extraction dan lainnya . Mulai hari ini Olli mulai beroprasi di jalan jalan dia area national harbour Maryland Amerika Serikat. Dimana area ini juga dekat dengan area pabrik dari Local Motors sendiri, Local Motors juga sudah merencanakan peluncuran Mobil Penumpang pintar ini ke kota lainnya di Amerika seperti Las Vegas, dan Miami Florida.

 

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *