Oracle & Intel Lahirkan Kapal Balap Kencang nan Canggih

Teknologi kini sudah jadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari hidup kita sehari-hari, dan pemanfaatannya pun kini sudah makin meluas, ke berbagai bidang yang sebelumnya tidak terpikirkan. Diane Bryant, dari Intel, menyebutkan saat pembukaan Oracle Open World 2016, bahwa analisis data sudah dimanfaatkan di lingkup yang lebih luas, termasuk di olahraga. Salah satu yang memanfaatkannya adalah tim layar yatch yang didukung oleh Oracle, Oracle Team USA.

oracle-open-world-2016-11

Seseorang berhasil mengajak Oracle Team USA wefie bersama piala yang mereka dapatkan di America’s Cup.

Oracle Team USA memanfaatkan beberapa teknologi terkini untuk membangun kapal kencang nan canggih yang sudah bisa membawa mereka menjuarai 34th America’s Cup. Kini, hal yang sama mereka lakukan untuk membangun kapal kencang nan canggih yang akan mereka gunakan di America’s Cup berikutnya.

Kapal Canggih Penuh Data

Sumber: Oracle Team USA

Sumber: Oracle Team USA

Berdasarkan sebuah desain dasar kapal, Oracle Team USA memanfaatkan data yang mereka kumpulkan di setiap sesi latihan maupun balapan untuk menyempurnakan kapal mereka tersebut. Menyempurnakan sebuah kapal merupakan proses yang sangat panjang. Oracle, sebagai sponsor utama Team USA, menyediakan solusi terbaik mereka untuk pengolahan data yang dibutuhkan, mulai dari pengumpulan, pemrosesan, hingga menyaring informasi yang ada.

450 Sensor di Kapal: Hasilkan Banyak Data

oracle-open-world-2016-12

Oracle Team USA menjelaskan bagaimana mereka membangun kapal kencang nan canggih dari data yang dikumpulkan saat latihan dan balapan.

Perwakilan dari Oracle Team USA menjelaskan bahwa terdapat sekitar 450 sensor di kapal yang mengumpulkan berbagai data, baik data dari perilaku bagian-bagian kapal maupun data dari lingungan sekitar, termasuk angin, ombak, dan lain-lain yang akan dibutuhkan oleh tim. Banyaknya sensor tersebut membuat data yang dikumpulkan dalam satu sesi latihan atau balapan berukuran sangat besar, hingga sekitar 1.5 TB. Nantinya, berbagai informasi akan disaring dari data yang terkumpul, dengan bantuan solusi dari Oracle dan didukung oleh sistem berbasis teknologi dari Intel.

Wearable: Catat Data Biometris Kru

Tidak hanya data dari kapal dan lingkungannya saja, data dari kru di kapal pun dibutuhkan untuk mengembangkan kapal, dan Oracle Team USA pun melakukannya dengan bantuan wearable. Wearable khusus, dengan fungsi mirip fitness tracker, dibuat berdasarkan teknologi dari Intel. Informasi yang didapatkan dari data biometris kru tersebut akan dikombinasikan dengan yang didapatkan dari kapal, dan menjadi basis pengembangan kapal.

oracle-open-world-2016-14

Video aksi Oracle Team USA juga ditampilkan di pembukaan Oracle Open World 2016

Menyimpan dan Mengolah Data di Kapal

Semua data yang dikumpulkan, dari sensor dan wearable, disimpan dan diolah langsung di kapal yang digunakan Oracle Team USA. Ini dimungkinkan berkat teknologi yang ditawarkan oleh Intel, dan solusi yang disediakan oleh Oracle. Informasi yang didapatkan bisa dimanfaatkan langsung oleh kru kapal untuk mengambil keputusan yang diharapkan menghadirkan keunggulan bagi mereka, terutama dari sisi kecepatan menghadapi suatu tantangan. Selain itu, data juga bisa dikirim secara langsung ke kapal lain yang mengiringi di saat latihan untuk dianalisis lebih lanjut untuk berbagai kebutuhan lain.

Kapal Terbaik dengan Kru yang Tepat

oracle-open-world-2016-13

Informasi kondisi kru juga bisa didapatkan dari simulator, seperti bagaimana kesiapan fisik mereka menjalankan kapal di lomba

Berbekal informasi yang disaring dari berbagai data yang dikumpulkan, Oracle Team USA bisa memutuskan banyak sekali hal terkait peningkatan performa mereka, baik dari sisi mengembangkan kapal canggih maupun dari sisi kru yang siap fisik dan mental dalam menghadapi tantangan. Nilai lebih dari data-data tersebut memang sulit didapatkan, tetapi dengan teknologi dari Intel dan solusi dari Oracle, hal yang sulit tersebut bisa dilakukan. Kini, berbekal semua informasi yang ada, Oracle Team USA siap menghadapi America’s Cup berikutnya yang akan digelar tahun 2017 di wilayah Bermuda.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *