Pencarian Gambar di Google Bikin Belanja Online Lebih Mudah

Fitur Similar Images pada mesin pencari gambar Google.

Google mempermudah para pengguna internet untuk belanja produk-produk yang dikenakan selebritas dan figur publik dunia secara online. Caranya dengan menambahkan fitur Similar Items pada mesin pencarian gambar (Google Image Search).

Fitur Similar Items dibekali dengan sistem pengenalan gambar berbasis mesin (machine vision) yang mampu mendeteksi barang-barang yang dipakai oleh objek di dalam foto. Setelah itu, Google akan menampilkan daftar produk yang mirip dengan barang-barang itu dan bisa dibeli online.

[BACA: Google Maps Uji Coba Fitur Informasi Tempat Parkir]

Contohnya, dalam hasil pencarian gambar di Google, Anda menemukan foto aktris Reese Witherspoon yang sedang mengenakan kacamata hitam, tas tangan berwarna krem, dan sepatu hak tinggi berwarna emas. Di bawah foto itu, Google akan menyertakan boks “Similar Items” yang berisi daftar produk sejenis, merek, harga, dan alamat situs belanja online yang menyediakannya.

Saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap penyempurnaan. Pengguna baru bisa mencobanya di dalam situs pencarian mobile dan aplikasi pencarian Android.

Jenis produk yang bisa dikenali juga masih sangat terbatas pada kacamata, tas tangan, dan sepatu. Tetapi, Google berjanji akan mengembangkan fitur ini dan menambahkan varian produk lainnya ke dalam Similar Items, seperti pakaian dan perkakas rumah tangga.

Google juga mengajak para pemilik situs belanja online untuk memasukkan produk-produknya ke dalam koleksi Similar Items. Mereka cukup menambahkan metadata produk schema.org dan referensi gambar pada situsnya agar dapat ditelusuri oleh mesin pencari Google.

InfoKomputer Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *